Mediasi Kepemilikan Lahan, Wakapolda Turun ke lokasi

Jumat 19-08-2016,10:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

SELUMA BARAT, BE- Sebelum dilakukan eksekusi pengosongan lahan seluas 5,29 Hektar Konflik kepemilikan lahan antara Sahrul Iswadi, PNS Pemda Seluma dan PT Sandabi Indah lestari(SIL). Waka Polda Bengkulu Kombes Pol Drs Adnas Msi menegaskan akan memfasilitasi pertemuan kedua belah pihak untuk mencari kata sepakat. Hal ini dilakukan mengingat jajaran kepolisian polda bengkulu tidak menginginkan terjadinya polemik berkepanjangan.

“Secepatnya seluruh pihak terkait ini akan duduk satu meja bersama mencari solusi terbaik dan ini sebuah keharusan untuk dilakukan mengingat bagian dari fungsi kepolisian,”tegas Waka Polda Bengkulu Kombes Pol Drs Adnas Msi dihadapan 11 kades dan Dir PT SIL Ribut Prahoro, kemarin.

Wakapolda mengharapkan seluruh pihak dapat mencari solusi atas permasalahan ini mengingat ini bagian dari 11 program prioritas polri untuk mencapai visi terwujud polri yang makin Profesional,Modern, dan Terpercaya (Promoter). Hal ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat. Sehingga masyarakat terlindungi dan perusahaan yang adapun menjadi sejalan dengan masyarakat.

Menurutnya, bangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas, penguatan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) serta penegakan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan.

“Komunikasi haruslah berjalan antara kepolisian, masyarakat jangan di provokatori oleh kades. Jika ada yang memprovokator maka akan berurusan dengan saya,”tegasnya

Dalam pertemuan tersebut wakapolda menegaskan, kedatanggan ke lokasi PT SIL bukan semata-mata untuk pengamanan. Namun lebih kepada pencarian solusi atas permasalahan ini. Termasuk duduk bersama untuk menyelesaikan. Hanya saja, ketika ditanya kapan akan dilakukan pertemuan untuk mencari solusi terbaik. Maka hal ini perlu ditetapkan waktu dan tempat secara bersama.

“Dalam hal ini saya tidak akan berpihak namun lebih mengedepankan penyelesaian polemik ini. Waktu dan tempat akan disesuaikan untuk pertemuan. Serta tidak mengedepankan kepemilikkan lahan melainkan lebih kepada kepentingan bersama,”harap Wakapolda.

Dalam kunjungan Waka Polda Bengkulu tersebut juga ikut dalam rombongan Koro Ops Kombes Pol bambang Sumitro SH MH, Dir Sabara Kombes Pol Asep Teddy N SIK. Dir Pamobvit Kombes Pol Kukuh S SH SIK, kasi Intel Brimob AKP Hendri S SIK. Serta Kapolres Seluma AKBP R Tri Wahyu B SIK SH MM beserta jajaran. Ikut juga dalam pertemuan tersebut Wakil Bupati Seluma Drs Suparto Msi.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Seluma Suparto Msi menanggapi baik dengan prakarsa dari Waka Polda bengkulu untuk melakukan mediasi dan pencarian solusi terbaik. Sehingga tidak ada lagi permasalahan agraria ini. Diharapkan kedua belah pihak untuk bisa menahan diri, baik itu permasalahan kecil dan lainnya. “Kedua belah pihak harus menahan diri hingga pertemuan selanjutnya dan ini harus di tindak lanjuti dan kedua belah pihak harus hadir,”tegasnya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait