Band Terkenal Mengahrumkan Nama Bengkulu

Selasa 14-06-2016,10:21 WIB

Oleh: Katrina

Dunia entertainment (hiburan) sangat menarik dan menjadi sorotan kalayak banyak di Indonesia, apalagi didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga akses untuk mencari informasi mengenai dunia hiburan sangatlah mudah didapat. Media yang paling mendukung untuk mempublikasikan dunia hiburan adalah Televisi karena media tersebut memiliki jangkauan yang sangat luas, penayangannya seketika, gabungan gambar, suara maupun warna, mempunyai efek demonstrasi, penentuan waktu penayangannya mudah, dan pengontrolannya mudah. Dalam televisi terdapat bermacam-macam stasiun televisi, seperti TVRI, Indosiar, NET, MetroTV, dan masih banyak lagi.

Menurut wikipedia indonesia, hiburan adalah segala sesuatu baik yang berbentuk kata-kata, tempat, benda, perilaku yang dapat menjadi penghibur atau pelipur hati yang susah atau sedih. Pada umumnya hiburan dapat berupa musik, film, opera, drama, ataupun berupa permainan bahkan olahraga. Namun dalam pembahasan yang ingin diangkat yaitu musik yang terkhusus Band. Mengapa band? Menurut penulis, band sangat menarik untuk diangkat dalam pembahasan artikel kali ini karena melihat banyaknya band yang ada di Bengkulu namun tidak terkenal sampai ke kanca nasional bahkan internasional. Padahal jika kita lihat beberapa band indie Bengkulu sudah dikatakan bagus kualitasnya dan mungkin dapat bersaing dengan band yang ada di provinsi lain di Indonesia. Kebanyakan dari mereka berfikir bahwa untuk tampil di atas panggung saja sudah hebat atau sudah menang dalam kompetisi band saja sudah cukup. Pemikiran yang seperti ini yang seharusnya dirubah atau dievaluasi lagi, karena bukankah jika mencoba bersaing ke luar provinsi atau bersaing secara nasional akan memiliki keuntungan lebih yang akan mereka peroleh. Tidak hanya untuk menang saja, tapi pengalaman yang didapat ketika bersaing tersebut dapat menjadi koreksi untuk band itu sendiri dan dapat meningkatkan kualitas dari band tersebut.

Ada juga beberapa band yang sudah berfikir untuk bersaing di kanca nasional, namun memiliki keterbatasan dalam hal dana maupun sponsor. Terlalu pesimis untuk memulai sehingga membuat mereka terhenti langkahnya untuk maju. Banyak cara yang bisa kita pelajari agar band kita dapat terkenal dan dapat sejajar dengan band papan atas saat ini. Band papan atas yang kita ketahui seperti Kotak, Noah, Utopia, Dewa 19, Geisha, dan masih banyak lagi, band-band tersebut menjadi patokan dalam berkarya untuk band yang masih berkembang atau baru memulai. Band-band tersebut tidak menjadi terkenal dengan instan, proses yang mereka lalui juga perlu kita pelajari dan ikuti untuk menjadikan band kita tersebut terkenal pula. Nah, untuk itu penulis ingin memberikan tips dari berbagai sumber agar band yang ada di Bengkulu dapat menjadi terkenal, yaitu sebagai berikut :

  • Modal awal adalah tekad, semangat, dan kekompakkan. Karena banyak band tanah air yang sudah susah payah untuk terkenal, namun harus bubar karena kurang kompak atau kurang bertekad. Tekat dan nekat itu berbeda, mohon jangan disalah artikan tekad disini bukan berarti loe nekat ngorbanin semua duit loe buat beli alat, les musik, bayar promo, dll. Tekad disini adalah kemauan jiwa, yang kemudian baru,jika memungkinkan didukung dengan kemampuan materi yang kita mampu. Kompak juga berarti kesepakatan dalam pemilihan aliran, jenis lagu, aransmen lagu, dan keputusan bersama lainnya.
  • Setelah kalian punya band yang kompak, artinya loe sudah punya jiwa yang kuat dalam band kalian. Yang kedua adalah skill atau kepandaian menguasai alat musik masing-masing (bagi pemain instrument), atau menguasai teknik vocal (bagi vokalis). kepandaian menguasai alat ini ga harus jago-jago amat. Asal ngerti dasar-dasarnya aja dah cukup. Dan yang paling penting di sini, kalau kalian punya skill pas-pasan, adalah usahakan permainan lagu yang bersih walaupun skill pas-pasan. Jangan sampai ada yang fales atau salah kunci, atau out of pitch buat vokalisnya. Usahakan walaupun cuma ngeluarin solo dan melodi yang biasa aja, maka haruslah dimainkan dengan rapi. Udah solonya gampang, masa salah pula? Jadi langkah kedua ini intinya adalah skill (baik yang udah mahir atau yang masih dasar) dipadu dengan permainan lagu yang rapi.
  • Yang ketiga adalah lagu yang bagus dan juga kreatifitas. Untuk tips pertama dan kedua, kalian bisa mencobanya dengan tips buat lagu enak, yang penting kompak dan semangat (seperti tips1), dan juga permainan yang rapi dan bersih (seperti tips2). Maka untuk yang ketiga ini, kalian harus bisa bikin lagu sendiri. Kompak udah, semangat udah ada, mainnya juga udah bersih. Nah sekarang tinggal bikin lagu sendiri. Lagu bagus tidak selalu lagu yang pake skill gila-gilaan. Bukan juga lagu yang ramai instrument, ingat hanya dengan gitar dan vokal saja, lagu bagus sudah bisa tercipta. Aransemen dan kreatifitas kalian diuji disini. Misalnya bagaimana intro, reff, solo. Bagaimana fill-in masuk ke reff, apa memakai fill-in drum, solo gitar, atau polos tanpa variasi masuk ke reff. Lagu polos/simple bukan berarti jelek. Bahkan lagu-lagu yang simple namun iramanya enak, itulah lagu yang memiliki kekuatan pasar. Jujur, saya disini membicarakan “music for sale”, bukan “music for soul”. Jadi maaf untuk band-band yang kurang setuju untuk tips-tips berikutnya. Beberapa contoh lagu simple namun memiliki kekuatan dan mampu menarik konsumen Indonesia: Vierra (dengarkan curhatku), Five minutes (SKSJ), D’masiv (Merindukanmu). Contoh lagu-lagu ini tidaklah menggunakan skill yang sulit dari segi instrument. Hanya menggunakan skill dasar, namun aransmen, nada, lirik, dan iramanya yang menjadikan lagu-lagu di atas sukses di mata konsumen Indonesia.
  • Setelah lagu sudah punya (utamakan kualitas, dari pada kuantitas). Jangan lagu banyak-banyak, tapi tidak memiliki kualitas dan nilai jual. Setidaknya ada yang bikin orang tertarik dari lagu kalian, entah reffnya, liriknya, videonya, intronya, solonya, aransemennya, atau apa aja yang bisa membuat orang senang salah satu atau lebih bagian lagu kalian. Sebelum membuat lagu, pikirkanlah dulu untuk siapa lagu itu dibuat. Ingat, disini kita berbicara tentang “Music for sale”. Jadi targetkan dulu pasar yang akan kita masuki. Misalnya lagu tentang persahabatan, targetnya adalah remaja. Lagu tentang politik, targetnya untuk orang dewasa. Lagu ber-skill tinggi, targetnya untuk para band yang suka festival. Lagu cinta, targetnya untuk kaum hawa kebanyakan. Kemudian jangan melupakan aliran pasar. Kalau pasar label sedang menginginkan lagu pop tentang perselingkuhan, gunakan kesempatan itu untuk maju. Bikin lagu yang sesuai dengan tema itu, dan berikan pada label. Alamat tentang label bisa di cari di internet. Saya ga bisa naro disini alamat-alamatnya, coz ga punya izin. Jadi intinya, selain membuat lagu untuk band kalian sendiri (seperti tips 3), perbanyak juga lagu untuk pasar.
  • Setelah banyak mengirim demo lagu ke label, namun sering ditolak atau diberikan kontrak mengecewakan, disini tekad loe diuji. Seberapa besar mental kalian untuk nerima keadaan seperti itu. Apa kalian mau mundur karena capek ditolak terus sama label, dan membuang semua usaha kalian? Kenapa harus mundur, jika masih ada cara lain selain harus mengiriim demo ke label (mungkin label juga sibuk, jadi ga ada waktu buat denger lagu dari band yang belom terkenal). Caranya adalah mengikuti festival musik (apalagi kalo menang). Memang kali ini kita butuh skill untuk bisa jadi juara (disamping keharusan untuk semangat dan main bersih). Satu lagi, aksi panggung juga sangat berpengaruh kalo kalian mau ikut jalur festival musik. Band yang sukses dan dikenal dari festival musik seperti: J-Rocks, D’masiv, Five Minutes. Namun jika ternyata kalian ga menang-menang karena merasa skill tidak mampu memuaskan juri, cobalah untuk manggung di acara-acara tertentu. Seperti bazaar, makan malam, restoran, dll. Dimana tidak ada yang namanya juara, yang ada hanyalah band kalian yang menghibur tamu. Walaupun tidak dibayar, it’s ok! Sapa tau ada manager yang kebetulan lagi makan di resto tempat kalian main, trus denger lagu band kalian. Itu merupakan salah satu promosi lagu kalian juga, walaupun kalian harus sabar menjalaninya.
  • Promosi! Diatas semua itu, promosi adalah hal yang paling penting. Ga perlu ngeluarin duit banyak untuk bayar promotor. Promosi sendiri juga bisa. Penyebaran cd demo bisa disebar melalu kerabat, teman, atau saudara. Ga punya teman yang bisa di andalkan? Jangan kawatir, promosikan lewat internet. Bikin website buat band kalian, dimana website itu berisi profile, lagu, video, dan alamat yang bisa dihubungi. Jangan lupa setelah buat web, kalian harus promosikan web kalian. Dengan mempromosikan web kalian, otomatis band kalian juga terpromosi. Karena isi webnya kan band kalian. Promosi web bisa juga dipasang di iklan-iklan gratis di internet. Jaman sekarang memang aneh, banyak iklan gratis disediakan di internet, sementara iklan di dunia nyata mahalnya minta ampun. Promosi di dunia internet tidak berhenti sampai web band kalian terkenal saja, tetapi juga bergabung bersama situs pertemanan seperti FriendsterMyspaceFacebook. Dimana disana kalian bisa menambah teman, yang kemudian teman itu bisa kalian kasi link dari website band kalian. Menggunakan Myspace bagus untuk menaruh lagu biar lagu band kalian bisa didengar online, menggunakan Facebook juga bagus bisa menaruh link website band kalian di comment dan profile (link ini disertai dengan gambar dan deskripsi band oleh Facebook). Friendster juga bisa, namun kebanyakan band menggunakan Facebook dan Myspace. Jika kalian ga bisa bikin website, jangan kawatir, banyak yang mau bikinin website buat band kalian secara gratis. Contohnya, situs yang dikelola oleh tim blackwizz, adalah situs yang lebih dikhususkan untuk membuat website buat band secara cuma-cuma. Kalian cuma kirim foto dan lagu band kalian, kemudian akan jadi website band kalian kurang lebih dalam seminggu.
  • Tidak dapat dipungkiri, bergabung ke dalam komunitas, menambah teman sehobi, dan berkolaborasi dengan band lain adalah cara yang penting. Dimana kalian bisa mendapat informasi-informasi penting yang dapat menguntungkan band kalian. Jadwal manggung, info label, jadwal event pengiriman demo cd, atau kalian juga bisa bertukar pengetahuan tentang penguasaan alat musik dengan teman-teman dalam komunitas tersebut.

Bagaimana? Sudah mempunyai pemikiran yang berbeda untuk prospek kedepannya tentang band kalian? Tips-tips diatas sangatlah bagus untuk dapat diikuti oleh band-band yang ada dibengkulu. Jika band kita terkenal maka kota asal band kita yaitu Bengkulu pun akan terkenal. Para penggemar akan mencari tahu tentang keberadaan Bengkulu, secara tidak langsung kita sudah memasarkan kota Bengkulu dan membuat kota bengkulu menjadi terkenal pula. Ketika para penggemar mencari tahu tentang Bengkulu, maka akan terlihat pula objek wisata yang ada di Bengkulu dan menarik untuk mereka kunjungi. Dengan demikian kita sudah berkontribusi untuk memajukan provinsi Bengkulu.

Semoga artikel ini dapat menjadi motivasi maupun inspirasi yang berguna bagi kawan-kawan yang sedang ingin membuat bandnya menjadi terkenal. Selamat berkreasi dan tetap berpikir positif untuk setiap hal yang ingin kalian lakukan terhadap band kalian. Ada pepatah mengatakan “there is a will there is a way” yang artinya “dimana ada keinginan disitu ada jalan”, so tetap semangat buat generasi muda Bengkulu. Trimakasih dan selamat beraktivitas.

Penulis adalah mahasiswa Manajemen Pemasaran Fakultas   Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu.

Tags :
Kategori :

Terkait