2 Gembong Rampok Ditembak

Sabtu 13-02-2016,09:16 WIB

CURUP, BE- Jajaran Polsek Padang Ulak Tanding (PUT) kembali berhasil mengamankan dua pelaku perampokan yang kerap beraksi dijalan lintas Curup Lubuklinggau. Bahkan satu dari dua pelaku tersebut merupakan otak dari salah satu kelompok perampok di kawasan Lembak.

Kedua pelaku yang berhasil diamankan tersebut adalah DC (25) alias Jaluk dan DA (30) keduanya merupakan warga Desa Simpang Beliti Kecamatan Binduriang. Keduanya diamankan di kediaman masing-masing pada Jumat (12/2) dini hari. Akibat berusaha kabur dan melawan petugas saat hendak diamankan, keduanya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas.

Menurut Kapolres Rejang Lebong AKBP Dirmanto SH SIK didampingi Kabag Ops Kompol Rudy S SH dan Kapolsek PUT Iptu Eka Candra SH. Kedua pelaku perampokan ini diamankan setelah pihak Polsek PUT melakukan pengembangan terhadap laporan aksi perampokan yang terjadi pada 28 November 2015 lalu.

\"Dari laporan yang diterima, kita juga telah mengamankan satu orang tersangka dari komplotan ini pada 31 Desember lalu, dan setelah kita lakukan pengembangan sehingga didapatkan kedua pelaku ini,\" jelas Dirmanto.

Dari pengembangan yang dilakukan tersebut, menurut Kapolres diketahui identitas pelaku. Namun keduanya belum bisa diamankan lantaran masih dalam persembunyian dan terkenal licin dari petugas.

Namun setelah lama diburu, akhirnya petugas mendapat informasi bila keduanya tengah berada dirumah masing-masing sejak Kamis (11/2). Mendapat informasi tersebut petugas langsung melakukan pengintaian, setelah dipastikan memang keduanya tengah berada di rumah. Tim Reskrim Polsek PUT yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Iptu Eka Candra langsung melakukan penggerebekan.

Penggerebekan pertama dilakukan di kediaman DA, saat hendak diamankan DA sempat berusaha kabur dan melawan petugas sehingga terpaksa harus dihadiahi timah panas dikaki sebelah kanan. Setelah DA berhasil diamankan petugas kemudian bergerak kerumah DC yang masih satu desa dengan DA.

Saat hendak diamankan DC alias Jaluk juga sempat melakukan perlawanan dan berusaha kabur, sehingga petugas kembali harus menghadiahi timah panas di kaki kanan DC yang belakang diketahui sebagai gembong rampok dikasan tersebut. Dari rumah DC petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor jenis Honda CS One tanpa nomor kendaraan.

\"Dari hasil pengembangan yang dilakukan, CA ini merupakan residivis dengan kasus yang sama dan sudah berulang kali menjadi penghuni Lapas kelas II Curup,\" jelas Dirmanto. Lebih lanjut mantan Kapolres Kaur tersebut menjelaskan, dari hasil pengembangan sementara ytng mereka lakukan, diketahui bahwa DC ini sedikitnya telah melakukan 10 kali aksi perampokan dikawasan Lembak yaitu di Desa simpang Beliti 3 TKP, Desa cahaya negeri 2 TKP, Dusun Gardu 3 TKP, Desa Air Apo 1 TKP, Desa Taba Padang 1 TKP.

Sedangkan DA setidaknya sudah melakukan 8 kali aksi perampokan yang juga berada diwilayah calon Kabupaten Lembak masing-masing di yaitu Desa simpang beliti 3 TKP, dusun Gardu 1 TKP, Air Apo 1 TKP, taba padang 1 TKP, Cahaya Negeri 1 TKP, Pelalo 1 TKP

\"Hingga saat ini kita masih melakukan pengembangan, baik untuk mengetahui pasti jumlah TKP mereka dalam melakukan kejahatan hingga memburu rekan kedua pelaku ini, karena setiap melakukan aksi kejahatan mereka tidak hanya berdua melainkan dengan beramai-ramai. Kita pastikan dalam waktu dekat ini rekan-rekan kedua pelaku ini akan segera kita amankan,\" tegas Dirmanto.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait