Polresta Bengkulu: Operasi Zebra Nala 2024 Fokus Edukasi dan Teguran

Rabu 16-10-2024,16:49 WIB
Reporter : Anggi Pranata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM – Minggu pertama pelaksanaan Operasi Zebra Nala 2024 di Kota Bengkulu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bengkulu fokus memberikan teguran dan edukasi kepada masyarakat, khususnya pelajar. Langkah ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas menjelang Pilkada Serentak 2024 di Kota Bengkulu.

Kapolresta Bengkulu Kombes Pol. Deddy Nata S.Ik, melalui Kasi Humas IPTU Endang Sudrajat, menyampaikan bahwa Operasi Zebra kali ini lebih mengutamakan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas.

“Untuk sementara ini baru imbangan dari pengamanan Pilkada Serentak 2024. Jadi pada Operasi Zebra kali ini memfokuskan untuk memberikan teguran dan edukasi,” ujar IPTU Endang, Rabu (16/10/2024).

IPTU Endang menjelaskan bahwa fokus utama pada minggu pertama Operasi Zebra adalah upaya pencegahan dengan memberikan teguran dan sosialisasi kepada masyarakat, terutama para pelajar. Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih memahami pentingnya keselamatan di jalan dan berperan dalam menjaga situasi lalu lintas yang kondusif selama masa kampanye dan menjelang Pilkada.

BACA JUGA:Satu Unit Mobil Terbakar di Depan KPU Bengkulu Selatan, Jerigen Minyak Ditemukan di Lokasi

BACA JUGA:Sidang Dugaan Korupsi BLUD RSUD Mukomuko: Saksi Ahli Ungkap Kerugian Negara Rp 4,8 Miliar

“Untuk pelaksanaan di minggu awal, personil ditugaskan untuk melakukan upaya preventif seperti teguran dan edukasi ke sekolah-sekolah di Kota Bengkulu demi menjaga situasi lalu lintas tetap kondusif,” jelas IPTU Endang.

Selain menyasar pelajar, Polresta Bengkulu juga aktif memberikan sosialisasi kepada pengguna jalan lainnya. Edukasi yang diberikan meliputi pentingnya menggunakan helm, mematuhi rambu lalu lintas, dan tidak menggunakan ponsel saat berkendara. Langkah ini dinilai penting untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang bisa berakibat pada kecelakaan lalu lintas.

Operasi Zebra Nala 2024 dimulai pada 14 Oktober 2024 dan akan berlangsung selama dua pekan hingga 27 Oktober 2024. Meski fokusnya pada edukasi dan teguran, Satlantas Polresta Bengkulu tetap mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas demi menjaga keselamatan bersama.

“Pada minggu pertama ini belum ada penindakan, tapi lebih berfokus pada upaya pencegahan agar situasi lalu lintas di Kota Bengkulu tetap kondusif,” tambah IPTU Endang.

Dengan adanya Operasi Zebra Nala 2024, diharapkan masyarakat semakin sadar pentingnya keselamatan dalam berkendara dan dapat menciptakan suasana lalu lintas yang aman dan tertib, sehingga proses Pilkada Serentak di Kota Bengkulu dapat berjalan lancar dan aman. (CW1)

Kategori :