5 Cara Menjaga dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

Senin 30-09-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

2. Berolahraga secara teratur

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Immunology, olahraga teratur dapat mengurangi risiko penyakit kronis (seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung), serta infeksi virus dan bakteri.

Jadi, pastikan Anda meluangkan waktu untuk berolahraga setiap hari jika ingin menjaga imunitas tubuh.

3. Tidur yang cukup dan berkualitas

Pada dasarnya tubuh mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan dan meregenerasi dirinya saat tidur. Inilah mengapa tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk memperkuat imunitas tubuh.

Jika kurang tidur maka imunitas tubuh akan terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya secara maksimal.

BACA JUGA:Agar Bebas Penyakit Begini Langkah Cuci Tangan Yang Benar

BACA JUGA:Ini 7 Cara Mengatasi Darah Rendah Secara Alami

4. Hindari merokok dan minum minuman beralkohol

Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol dapat mengganggu fungsi imun tubuh. Selain itu, perokok tetap juga berisiko lebih tinggi terkena infeksi paru-paru, seperti bronkitis dan pneumonia.

Jika Anda juga suka minum alkohol, risiko Anda terkena infeksi paru-paru lebih besar.

5. Mengonsumsi suplemen vitamin C

Pada kondisi tertentu, asupan vitamin dari makanan saja tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari. Salah satu vitamin yang tidak boleh Anda kurangi adalah vitamin C.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, kekurangan vitamin C dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga membuat tubuh rentan terhadap infeksi.

Itulah cara meningkatkan imunitas tubuh. Dengan menerapkan cara-cara tersebut secara konsisten, tubuh akan lebih siap melawan infeksi, pulih lebih cepat, dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan energi yang maksimal.

Kategori :