Ini 7 Penyebab Seseorang Mengalami Menopause Dini, Salah Satunya Gaya Hidup Buruk

Senin 30-09-2024,11:32 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menopause dini adalah kondisi di mana seorang wanita mengalami penghentian menstruasi sebelum usia 40 tahun, yang terjadi lebih awal dibandingkan dengan menopause pada umumnya, yaitu di usia 45-55 tahun.

Kondisi ini bisa membawa dampak emosional dan fisik yang signifikan, terutama bagi wanita yang belum merencanakan kehamilan atau mengalami perubahan hormon lebih awal dari yang diharapkan. 

Menopause dini mengakibatkan berkurangnya produksi hormon estrogen dan progesteron, yang dapat memengaruhi kesehatan reproduksi serta kondisi kesehatan secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas berbagai penyebab yang dapat memicu terjadinya menopause dini serta dampaknya pada tubuh wanita. Berikut penyebab menopause yang perlu Anda ketahui. 

BACA JUGA:7 Cara Berikut, Ampuh Hempas Kulit Kering dan Bersisik

BACA JUGA:10 Buah-buahan yang Bagus Untuk Menjaga dan Meningkatkan Daya Ingat

1. Gaya Hidup Buruk

Menerapkan gaya hidup yang buruk berdampak signifikan terhadap menopause dini, terutama pada wanita yang banyak merokok.

Merokok diketahui memiliki efek anti-estrogenik karena rokok mengandung banyak bahan kimia berbahaya. Ini termasuk asetaldehida, amina aromatik, arsenik, benzena, dan hidrokarbon polisiklik.

Kondisi ini juga akan semakin parah jika dibarengi dengan beberapa kebiasaan buruk lainnya, seperti minum minuman beralkohol, kurang olah raga dan paparan sinar matahari, serta kualitas tidur yang buruk.

2. Riwayat keluarga

Penyebab menopause dini terkadang bersifat genetik. Artinya, wanita lebih mungkin mengalami kondisi ini jika mereka memiliki riwayat keluarga yang mengalami menopause dini.

BACA JUGA:Agar Bebas Penyakit Begini Langkah Cuci Tangan Yang Benar

BACA JUGA:10 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengkonsumsinya

Sebuah tinjauan studi tahun 2011 menemukan bahwa hingga 20% menopause dini terjadi pada wanita dengan riwayat keluarga serupa.

Kategori :