7 Cara Efektif Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Selasa 24-09-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Fitri Nugroho

3. Mengunyah bawang putih

Selain larutan air garam, Anda juga bisa mengunyah bawang putih untuk meredakan sakit gigi. Pasalnya, bawang putih telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun dan memiliki sifat antibakteri yang kuat.

Tidak hanya membantu membunuh bakteri berbahaya penyebab plak, tetapi juga membantu meredakan nyeri. Begini caranya!

  • Hancurkan satu siung bawang putih
  • Buat pasta
  • Oleskan pada gigi yang sakit

Bagi Anda yang tidak menyukai bau bawang putih yang menyengat, Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih mentah secara perlahan. Cara ini bisa membantu meredakan sakit gigi secara alami tanpa obat.

4. Berkumur dengan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida juga bisa digunakan sebagai cara alami meredakan sakit gigi. Selain membantu membunuh bakteri, hidrogen peroksida mampu mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah.

Untuk menggunakannya, Anda perlu mencampurkan 3% hidrogen peroksida dengan air dalam proporsi yang sama. Lalu, gunakan campuran ini sebagai obat kumur.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Teh Herbal yang Bantu Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi dan Tips Cara Mengonsumsinya

BACA JUGA:Tidak Ada Susu Sayurpun Jadi, Inilah 9 Sayuran yang Mengandung Kalsium Tinggi

5. Gunakan Teh Peppermint

Kantong teh peppermint bekas adalah cara menyegarkan untuk meredakan sakit gigi dan menenangkan gusi sensitif. Namun, pastikan kantong teh sudah agak dingin sebelum mengoleskannya ke area yang nyeri.

Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk membuat area yang nyeri terasa dingin, bukan panas. Caranya, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit, lalu tempelkan pada gigi.

6. Gunakan ekstrak vanila 

Ekstrak vanila merupakan bahan alami yang dapat membantu meredakan sakit gigi. Ini mengandung alkohol yang dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan.

Selain itu, ekstrak vanila memiliki sifat antioksidan yang terbukti membantu proses penyembuhan. Usahakan menggunakan ekstrak vanilla asli dan bukan imitasi.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari atau kapas Anda. Kemudian oleskan langsung pada area yang nyeri beberapa kali sehari.

Kategori :