Kerap Kurang Diperhatikan, Berikut 9 Makanan yang Bantu Jaga Kesehatan Mata

Jumat 30-08-2024,20:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

6. Ikan

Ikan seperti salmon baik untuk kesehatan mata. Salmon dan ikan lainnya mengandung asam lemak omega-3. 

Asam lemak omega-3 dapat berkontribusi terhadap kesehatan retina di bagian belakang mata. Mereka juga dapat membantu mencegah mata kering.

BACA JUGA:Bantu Jaga Kesehatan, Inilah Manfaat Penting Asam Folat Untuk Tubuh

BACA JUGA:Cabuli Pasien, Oknum ASN Puskesmas Ditangkap Polresta Bengkulu

7. Telur

Telur merupakan makanan yang baik untuk kesehatan mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan zinc yang semuanya penting untuk kesehatan mata. Vitamin A melindungi kornea.

Lutein dan zeaxanthin mengurangi risiko penyakit mata serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Seng berkontribusi terhadap kesehatan retina. Retina adalah bagian belakang mata.

8. Kangkung

Kangkung dikenal luas sebagai makanan sehat karena mengandung banyak vitamin, nutrisi dan mineral penting. Makanan ini juga sangat baik untuk kesehatan mata. Kangkung mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang juga ditemukan dalam telur dan makanan lainnya.

Nutrisi ini dapat membantu mencegah penyakit mata serius seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Satu porsi 100 gram kangkung mengandung 11,4 mg lutein. 

Dianjurkan untuk mengonsumsi 10 mg per hari. Sayuran lain yang kaya lutein adalah paprika merah dan bayam.

BACA JUGA:Kenali Ragam Manfaat Minyak Argan Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Bila Ada Tanda Ini di Kaki, Gus Baha Sarankan Segera Bertaubat, Karena Tanda Kematian Sudah Dekat

9. Biji Anggur

Umumnya kita hanya memakan daging buah anggur dan membuang bijinya. Memang biji anggur mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Akan lebih baik jika bijinya tidak dibuang dan daging buahnya juga tidak dimakan.

Kategori :