Memperlambat Gerak dan Aktivitas Si Kecil ? Begini Cara Sederhana Untuk Mengatasi Pilek pada Bayi

Kamis 22-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memiliki sistem imunitas tubuh yang lemah membuat bayi sering kali mengalami gangguan kesehatan termasuk pilek. 

Ada banyak kekhawatiran jika bayi mengalami pilek, hal ini dikarenakan kondisi bayi yang pilek akan memperlambat gerak dan aktivitas Si Kecil karena merasa tidak nyaman saat mengalami pilek. 

Oleh karena itu, ibu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi pilek Si Kecil agar tidak semakin parah. Lantas, bagaimana cara yang bisa dilakukan? Yuk, simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini. 

Pilek adalah keluarnya cairan bening dari hidung yang disebut pilek. Setelah seminggu, cairan yang ada didalam hidung akan menguning atau hijau.

BACA JUGA:Rambut Mudah Kusut? Ini Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasinya

BACA JUGA:Kenali 5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit, Melembabkan Kulit Hingga Mencegah Penuaan Dini

Ingus yang keluar saat anak sedang pilek merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bakteri yang ada di dalam tubuh.

Namun, jika yang ingus yang keluar terlalu banyak maka akan menyumbat hidung sehingga bayi mungkin akan kesulitan bernapas nantinya.

Obat tidak bisa menyembuhkan pilek dengan carpat, tapi bisa meredakan gejala seperti nyeri otot, sakit kepala, dan demam. 

Kabar baiknya, ada banyak perawatan yang bisa dilakukan ibu untuk meringankan gejala pilek dan membuat bayi merasa lebih baik. Berikut beberapa cara mengatasinya. 

BACA JUGA:Ketahui 5 Penyebab Mimisan Sebelum Terjadi Gangguan Kesehatan yang Serius

BACA JUGA:Kaya Akan Kandungan Nutrisi, Kenali 10 Manfaat Teh Spearmint untuk Kesehatan

1. Banyak Istirahat

Memberikan waktu beristirahat yang lebih banyak adalah upaya sederhana yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi pilek pada Si Kecil.

Kurangnya istirahat dapat membuat tubuh Si Kecil semakin lemah, sehingga mudah terserang penyakit. Jadi, pastikan Si Kecil banyak beristirahat ketika pilek. 

2. Atur Posisi Tidur Si Kecil

Kategori :