Tidak Perlu Obat-obatan Apotek, Coba Cara Ini Untuk Atasi Bibir Bengkak dengan Bahan Alami

Rabu 21-08-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Gunakan lap atau kain bersih untuk melakukan cara ini. Rendam dalam air hangat, pastikan untuk memeras air dari kain lap, letakkan di bibir kamu selama sekitar 10 menit dan ulangi setiap jam jika diperlukan.

3. Bilas dengan Air Garam

Selanjutnya kamu bisa membilas bibir dengan air garam. Garam merupakan bahan alami yang mudah dijumpai di dapur. 

Meskipun mungkin akan terasa menyengat pada luka terbuka, garam sebenarnya dianggap sebagai salah satu cara penyembuhan yang sangat efektif mengatasi bibir bengkak.

Ini dikarenakan garam memiliki kandungan anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membersihkan luka terbuka dan meminimalkan kemungkinan infeksi bakteri.

BACA JUGA:Pemanis Alami Makanan dan Minuman, Ini Dia 5 Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Tips Sehat dari dr Zaidul Akbar, Rutinkan 3 Ini Setiap Bulannya, Ini Waktu Terbaik Melakukannya

4. Soda Kue

Jika cara sebelumnya belum juga bisa mengatasi dan mengempeskan bibir bengkak, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan soda kue. 

Kamu bisa membuat pasta dari baking soda dengan air dan oleskan pada bibir yang bengkak. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. 

Kamu dapat mengulangi prosesnya jika pembengkakan tidak berkurang. Sama halnya dengan garam, soda kue memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan. 

BACA JUGA:Cara Ampuh Mengatasi Masalah Lambung, dr Zaidul Akbar Sarankan Memanfaatkan Bahan Ini

BACA JUGA:Tips Sehat dari dr Zaidul Akbar, Rutinkan 3 Ini Setiap Bulannya, Ini Waktu Terbaik Melakukannya

5. Madu

Langkah terakhir kamu bisa coba menggunakan bahan alami yakni madu. Sudah bukan rahasia lagi jika madu telah dikenal karena sifat antibakterinya sejak lama. Mereka memiliki sifat penyembuhan alami juga. 

Oleskan madu pada area bibir yang bengkak, setelah 20 menit, bilas menggunakan air dingin. Kamu dapat melakukan ini dua atau tiga kali sehari.

Kategori :