Bir, Minuman Keras dengan Sejumlah Manfaat untuk Kesehatan

Kamis 18-07-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidak sedikit orang yang menganggao minum bir bisa mendatangkan berbagai risiko penyakit. Faktanya  ada sejumlah manfaat minum bir untuk kesehatan.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai sederet manfaat bir untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

Bir adalah minuman beralkohol yang dibuat dari fermentasi biji-bijian dengan ragi, hop, dan zat lainnya. Sebagian besar jenis bir mengandung alkohol 4 – 6 persen.

Meskipun bir sering dianggap sebagai minuman rendah kalori, bir diketahui mengandung beberapa mineral dan vitamin. Bir mengandung vitamin B dan mineral karena terbuat dari biji-bijian dan ragi. 

BACA JUGA:Cara Mencegah Lapar di Malam Hari, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini

Namun, bir yang terbuat dari makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran mungkin bisa mejadi pilihan yang lebih baik. Berikut ini adalah sejumlah manfaat minum bir bagi kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber. 

1. Mencegah Gejala Menopause 

Bir memiliki manfaat untuk mencegah gejala menopause. Bir mengandung polifenol yang berasal dari hop dan malt. Menurut penelitian dalam jurnal Oxid Med Cell Longev, kandungan ini dipercaya dapat menurunkan gejala menopause. 

Menopause sendiri adalah kondisi normal pada wanita yang berusia sekitar 40-50 tahun. Sayangnya, kondisi ini memicu ketidaknyamanan akibat dari ketidakseimbangan hormon yang terjadi.

2. Mencegah penyakit Parkinson

Sebuah studi meta-analisis dari jurnal Movement disorders (2014) menemukan efek perlindungan terhadap penyakit Parkinson dari minum alkohol, khususnya bir. 

BACA JUGA:Makanan-makanan yang Jadi Sumber Penyakit, Dr Zaidul Akbar: Bisa Menggangu Kesuburan Wanita

Studi ini menjelaskan bahwa konsumsi 13 gram alkohol per hari dapat menurunkan hingga 5% risiko penyakit Parkinson. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

Penelitian lebih lanjut juga perlu mencari tahu bagaimana konsumsi bir bisa menurunkan risiko penyakit Parkinson.

3. Berpotensi mencegah penyakit Alzheimer

Kategori :