Bir, Minuman Keras dengan Sejumlah Manfaat untuk Kesehatan

Kamis 18-07-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Sebuah riset meta-analisis dalam The American journal of geriatric psychiatry menunjukkan konsumsi alkohol ringan hingga sedang, menurunkan risiko penyakit Alzheimer hingga 28% pada orang dewasa. 

Ukuran konsumsi sedang ini dalam kisaran 1 – 28 minuman per minggu. Kandungan zat silikon dalam bir diduga melindungi otak dari efek berbahaya dari tingginya aluminium dalam tubuh. 

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Tingginya aluminium dalam tubuh merupakan salah satu faktor penyebab Alzheimer. Namun, hasil penelitian ini tidak tidak mencerminkan efek konsumsi alkohol dalam jangka panjang. 

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang 

Minum bir dalam takaran ringan hingga sedang berkaitan dengan peningkatan kekuatan tulang. Penelitian yang terbit di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa, konsumsi alkohol dalam jumlah sedang bermanfaat bagi tulang pria dan wanita pasca menopause. 

Manfaat bir yang satu ini berkaitan dengan kandungan etanol dan silikon yang diketahui dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

5. Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam bir berasal dari dua bahan yang digunakan dalam pembuatan bir, yaitu malt (rendaman gandum) dan hop. 

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Jumlah kandungan antioksidan dalam bir sangat bergantung pada teknik pembuatan bir. Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam bir adalah senyawa fenolik dan melanoidin yang berpotensi sebagai antikanker.

Senyawa ini membantu menghalau enzim penyebab kanker di dalam tubuh. Minum bir secukupnya berpotensi mencegah reaksi kimia tertentu yang dapat menyebabkan kanker prostat pada pria. 

6. Membantu mengobati ketombe

Bir bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Pasalnya, bir dikaitkan dengan kadar ragi yang tinggi dan kaya akan vitamin B. 

Membilas rambut Anda dengan bir sekitar 2 – 3 kali seminggu, cukup membantu untuk menyingkirkan ketombe.

Meskipun begitu, perlu diingat alkohol dalam bir bisa mencapai 5% yang mungkin dapat menimbulkan reaksi dermatitis iritan pada sebagian orang. 

Kategori :