Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

Selasa 16-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Dengan pencernaan yang baik, keluhan sembelit pun bisa dicegah dan diatasi. Tak hanya itu, serat juga bisa membuat perut kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan bisa terkontrol dengan baik.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kulit melinjo mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, seperti protein, zat besi, dan vitamin C. 

BACA JUGA:Bisa Menyebabkan Kematian, Kenali 10 Ciri-ciri Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Anak

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, kamu akan lebih fit dan tidak mudah jatuh sakit.

5. Memperkuat tulang

Kulit melinjo mengandung sumber kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Mineral kalsium dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara kekuatan tulang dan gigi. 

Dengan mengonsumsi kalsium tubuh akan mendapatkan asupan kalsium mencegah tubuh terhindar dari osteoporosis. 

6. Mengontrol kadar gula darah 

Kulit melinjo kaya akan serat, vitamin, mineral, serta antioksidan. Berbagai kandungan di dalam kulit melinjo ini bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegahnya agar tidak melonjak tinggi. 

BACA JUGA:Hampir Mirip Dengan Daun Seledri, Berikut Sederet Manfaat Daun Ashitaba Untuk Kesehatan

Manfaat kulit melinjo yang satu ini baik untuk mencegah diabetes dan membantu mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes.

Meski demikian, manfaat kulit melinjo sebagai pengobatan diabetes masih perlu diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, kulit melinjo tidak bisa dijadikan satu-satunya obat untuk diabetes.

7. Mencegah penyakit jantung

Flavonoid di dalam kulit melinjo terbukti bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan. Antioksidan juga bisa membuat pembuluh darah lebih elastis sehingga aliran darah tetap lancar. 

Kulit melinjo juga kaya akan serat dan kalium. Serat pada kulit melinjo berperan penting untuk mengurangi kolesterol jahat yang dapat menyebabkan plak di pembuluh darah jantung, sedangkan kalium berperan penting untuk mengontrol tekanan darah. 

Kategori :