Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

Selasa 16-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS,COM - Tak hanya buahnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan, tahukah kamu kulit buah melinjo juga memliki beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat kulit melinjo berasal dari karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. 

Hal ini lah yang membuat sebagian orang mengonsumsi kulit melinjo untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai risiko penyakit.  

Manfaat kulit melinjo bisa didapatkan dengan mengonsumsi kulit melinjo yang telah diolah menjadi masakan, misalnya sayur asem, ditumis dengan ikan teri dan irisan cabai, atau dibuat menjadi keripik. 

Selain itu, kulit melinjo juga cukup banyak diolah menjadi obat herbal atau jamu.

BACA JUGA:Ampuh Atasi Diabetes dan Turunkan Gula Darah, dr Zaidul Akbar Cukup Pakai Apel dan Mentimun

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, kulit dari buah tanaman Gnetum gnemon ini juga mengandung segudang nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, beta karoten, dan vitamin C. 

Berkat kandungan gizinya yang cukup lengkap, mengonsumsi kulit melinjo bisa menyehatkan tubuh. Berikut adalah manfaat kulit melinjo untuk kesehatan:

1. Mencegah anemia

Kulit melinjo mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia, Zat besi merupakan mineral penting dalam pembentukan hemoglobin, yaitu bagian sel darah merah yang bertugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Kekurangan mineral ini bisa menyebabkan kamu terkena anemia defisiensi besi. Kondisi ini akan menimbulkan sejumlah gejala, seperti lemah, lesu, kulit pucat, sakit kepala, mudah lelah, dan denyut jantung meningkat.

BACA JUGA:Makanan-makanan yang Jadi Sumber Penyakit, Dr Zaidul Akbar: Bisa Menggangu Kesuburan Wanita

2. Mencegah asam urat

Jika kamu sering mengalami asam urat mengonsumsi kulit melinjo bisa menjadi salah alternatif pengobatan alami yang dapat mencegah asam urat. Kulit bisa membantu mengurangi jumlah asam urat sehingga gejala asam urat bisa dicegah.

3. Mencegah dan mengatasi sembelit

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegaj dan mengatasi sembelit adalah dengan mengonsumsi kulit melinjo. Kulit melinjo mengandung serat yang dapat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaah. 

Kategori :