Benarkah Kentang Cocok untuk Diet? Ini Faktanya

Minggu 14-07-2024,16:56 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kentang adalah jenis umbi-umbian yang sering dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat. Kentang menjadi makanan yang cukup popular baik itu direbus, goreng atau panggang. Banyak nutrisi yang tersimpan dalam kentang rebus. Tidak heran jika pengolahan kentang ini sering menjadi menu pilihan untuk penurunan berat badan. Lantas, berapa kalori kentang rebus? Yuk cek berapa banyak kalori yang terdapat dalam kentang rebus.

BACA JUGA:Suka Makan Pecel Lele Garing? Yuk, Perhatikan Jumlah Kalorinya

Kentang rebus adalah

Kentang rebus kerap dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Kentang rebus sangat mudah diolah menjadi berbagai makanan seperti mashed potato, pendamping steak, atau jenis olahan kentang rebus yang lain. Berapa kalori kentang rebus sehingga makanan ini kerap dipilih sebagai makanan diet?

Secara keseluruhan, kentang rebus masih menjadi pilihan karena pengolahan kentang ini akan menjadi lebih rendah kalori dibandingkan dengan pengolahan kentang yang digoreng. Untuk menurunkan berat badan, tentunya kamu dapat memilih jenis pengolahan rebus daripada goreng agar kalorinya lebih rendah.

Apakah kentang rebus baik untuk diet?

Sayuran bertepung ini dianjurkan diolah dengan cara yang tepat. Melansir dari berapa kalori kentang rebus laman Azcentral, departemen pertanian as mengungkapkan bahwa kentang sebaiknya direbus dan bukan di goreng. Kentang rebus dapat memberikan manfaat yang lebih baik daripada diolah dengan minyak. Kentang rebus juga dapat meningkatkan asupan vitamin dan mineral yang sangat baik sehingga mempunyai kontribusi besar pada kesehatan tubuh. Kalori kentang rebus juga relatif lebih sedikit sehingga cocok dimanfaatkan sebagai sumber makanan bagi kamu yang ingin berdiet. Ketahui berapa kalori kentang rebus dalam ulasan berikut ini.

BACA JUGA:Mana Lebih Baik? Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga

Berapa kalori kentang rebus

Menurut fat secret, kalori kentang rebus dalam 100 gr yaitu 87 kal, dengan 0,1 gr lemak, 20,13g karbohidrat dab 1,87 gr protein. Dalam perhitungan lain, yaitu:

  •     87 kalori dalam 100 gr
  •     140 kalori dalam 1 mangkok
  •     178 kalori dalam 205 gr kentang rebus

Dalam kentang goreng, setidaknya ada 274 kalori per 100 gr kentang goreng dan akan semakin besar saat porsinya juga bertambah. Meskipun lebih nikmat, namun jika kamu ingin mengurangi berat badan, lebih baik konsumsi kentang rebus dengan jumlah kalori lebih sedikit ya! 

Apa saja manfaat kentang rebus untuk kesehatan?

Nutrisi dan kandungan dalam kentang rebus ternyata cukup kompleks seperti kalori, lemak, karbohidrat hingga protein. Tidak heran kentang rebus menjadi salah satu makanan sumber karbohidat yang sehat karena rendah lemak dan kalori. Apa saja manfaat lain dari kentang rebus?

BACA JUGA:Hobi Mukbang Tteokbokki dan Gagal Diet, Ini Jumlah Kalorinya

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Kategori :