Benarkah Kentang Cocok untuk Diet? Ini Faktanya

Minggu 14-07-2024,16:56 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

Manfaat kentang rebus yang pertama yaitu menurunkan tekanan darah. Kentang rebus tinggi akan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Bahan makanan ini merangsang kerja pembuluh darah sehingga melebar, melancarkan aliran darah dan tekanan akan tetap terjaga. Kentang rebus juga tinggi akan magnesium dan kalsium yang mempunyai peran dalam menjaga darah tetap normal.

2. Menjaga kesehatan tulang

Menurut Medical News Today, kentang merupakan makanan tinggi fosfor, zat besi, magnesium, kalsium dan zinc yang dapat menguatkan tulang dan memelihara kesehatan jantung. Produksi dan pematangan kolagen menjadi mudah dilakukan. Kandungan dalam kentang rebus penting dalam struktur tulang dan menyeimbangkan kedua mineral serta menjadi mineralisasi tulang yang tepat

3. Menjaga kesehatan jantung

Kentang sering dimanfaatkan sebagai pencegahan berbagai penyakit, seperti jantung. Kentang mengandung banyak serat, vitamin c, kalium, vitamin b6 dan berbagai kandungan lain yang dapat mengurangi kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA:Jenis Teh Tanpa Kandungan Kafein yang Bisa Anda Konsumsi

4. Menjaga metabolisme tubuh

Sebagai sumber vitamin b6, kalori kentang rebus dikenal mempunyai peran dalam metabolisme energi. Kentang dapat memecah karbohidrat dan mengubah protein menjadi glukosa dan asam amino. Tentunya metabolisme tubuh akan lebih terjaga dengan baik.

5. Makanan bebas gluten

Gluten merupakan salah satu jenis protein yang sering ditemukan dalam biji-bijian, contohnya gandum. Gluten dapat memicu berbagai penyakit pada orang yang alergi gluten. Namun umbi kentang merupakan umbi bebas gluten sehingga aman dan sehat sebagai alternatif makanan gluten free.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Jika pencernaan kamu sering bermasalah, cobalah konsumsi kentang rebus. Kentang rebus diketahui mengandung pati resisten dan dapat memperbaiki sistem pencernaan. Pasti menjadi asupan nutrisi yang baik untuk usus. Kentang rebus dikenal sebagai penjaga kesehatan pencernaan yang sarat manfaat dan khasiat.

BACA JUGA:Bukan Pahala yang Didapat, Sholawat Seperti Ini Justru Datangkan Dosa Besar, Gus Baha: Segera Berhenti

7. Mengontrol gula darah

Tingginya gula darah darah bisa menjadi penyebab diabetes melitus. Tidak heran jika penderita diabetes dianjurkan makan kentang rebus karena makanan ini dapat membantu mengatur gula dalam darah. Kandungan pati dalam kentang bisa diserap tubuh atau pati resisten. Pasti resisten menjadikan insulin dapat bekerja maksimal mengontrol gula darah.

8. Mengurangi risiko penyakit

Kategori :