Nyalakan pompa vakum. Buka katup tekanan rendah dan tekanan tinggi di manifold gauge. Tunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi freon AC yang tersisa dan jarum pada manometer tekanan rendah menunjukkan pada tekanan -30 Psi atau -76 kg/cm2.
Jika sudah tutup katup tekanan rendah dan tinggi di manifold gaude kemudian matikan pompa vakum.
3. Isi oli kompresor AC
Setelah memastikan bahwa freon pada sistem AC telah kosong dan tidak ada sisa lagi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian oli kompresor dengan langkah-langkah berikut:
BACA JUGA:Ini Dia Tips Memilih Oli Motor Matic untuk Hindari Mesin Bermasalah
BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Kipas Radiator Mobil yang Tidak Berputar
Tuang oli kompresor ke dalam gelas ukur dengan jumlah yang sesuai dengan buku manual kendaraan Anda.
Buka selang biru yang menuju ke manifold gauge dan pasang/arahkan ke oli kompresor yang ada di dalam gelas ukur.
Nyalakan pompa vakum kemudian buka katup tekanan tinggi manifold gauge dan tunggu hingga oli kompresor terhisap semua
Jika sudah, Anda bisa mematikan pompa vakum dan pasang selang biru ke manifold gauge kembali.
BACA JUGA:Jangan Anggap Enteng! Ini Dia Dampak Goresan Pada Mobil Bila Tidak Segera Diatasi
BACA JUGA:Tips Membedakan Oli Mesin Asli dan Palsu!
4. Pengisian refrigerant AC mobil
Selanjutnya, Anda bisa mengisi refrigerant atau freon AC mobil. Anda bisa melepaskan selang kuning dari pompa vakum dan pasang ke tabung refrigerant.
Kemudian buka keran tabung refrigerant sehingga freon dapat keluar. Usahakan untuk mengendorkan mur selang kuning yang menuju ke manifold gauge sebentar.
Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam selang kuning. Jika udara sudah keluar, Anda bisa mengencangkan mur tersebut kembali.