Waspada Penyakit Autoimun, Kenali 7 Penyebab Munculnya Memar Tanpa Sebab di Tubuh

Selasa 09-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memar atau lebam adalah kondisi di mana area kulit yang terlihat biru atau ungu, seringkali disertai dengan rasa sakit.

Apakah kondisi ini pernah kamu alami sebelumnya? Umumnya, memar terjadi akibat cedera atau trauma yang mengakibatkan pembengkakan dan perdarahan di bawah permukaan kulit. 

Ketika jaringan di bawah kulit rusak, pembuluh darah kecil pecah, dan darah keluar ke jaringan sekitarnya, menyebabkan warna kemerahan, kebiruan, atau keunguan.

Cedera penyebab memar bisa berupa tubuh yang terbentur, tertekan, atau terjatuh. Lantas, apa yang membuat tubuh kita memar tanpa sebab? Yuk, cari tahu jawabanya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Punya Gigi Tonggos Bukan Berarti Dunia Berakhir

Memar tanpa sebab yang jelas, bisa dikenal sebagai "memar spontan" atau "memar spontan tanpa trauma". Kondisi ini seringkali membingungkan dan bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang mendasari.

Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya memar tanpa sebab yang jelas, antara lain:

1. Kurangnya Nutrisi

Salah satu penyebab terjadinya memar tanpa sebab adalah kurangnaya nutrisi pada tubuh.

Kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin D, atau zat besi, dapat mengganggu proses pembekuan darah dan menyebabkan mudahnya terjadi memar. 

BACA JUGA:Ciri-ciri Orang yang Dilindungi Khodam Kesaktian

Kekurangan nutrisi dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk diet yang tidak seimbang, gangguan penyerapan nutrisi dalam sistem pencernaan, atau kondisi medis tertentu yang mempengaruhi metabolisme nutrisi. 

Oleh karena itu, penting untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup melalui diet yang seimbang. Jika perlu, kamu bisa mengkonsumsi suplemen nutrisi yang direkomendasikan oleh dokter atau profesional kesehatan.

2.  Olahraga Terlalu Intens

Tanpa sadar, ketika kita terlalu keras saat berolahraga, itu juga akan menimbulkan memar.

Kategori :