Waspada Penyakit Autoimun, Kenali 7 Penyebab Munculnya Memar Tanpa Sebab di Tubuh

Selasa 09-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Beberapa olahraga yang melibatkan gerakan berulang, seperti berlari, melompat, atau mengangkat beban, dapat menyebabkan stres berlebihan pada jaringan lunak. 

BACA JUGA:Begini Cara Memandikan Bayi yang Wajib Diketahui Orang Tua

Stres berulang ini mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dan jaringan di bawah kulit kita, dan memicu terjadinya memar.

Selain itu, proses pemulihan yang kurang setelah berolahraga, juga dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera atau memar. 

Tubuh yang lelah atau terlalu stres, tidak dapat merespons dengan baik terhadap tekanan atau trauma yang ditimbulkan oleh aktivitas olahraga yang terlalu berat.

3. Cedera Otot

Penyebab umum munculnya memar adalah cedera otot. Ini adalah kondisi di mana otot-otot dan tendon tubuh menjadi tegang dan tertarik karena adanya tekanan yang besar, misalnya karena mengangkat beban berat, olahraga berlebihan, serta aktivitas berat lainnya.

BACA JUGA:WOW! Anda Bisa Punya Anak Kapan Saja dengan Membekukan Sel Telur

4. Efek Samping Obat

Obat-obatan tertentu, seperti obat antikoagulan dan kontrasepsi bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk membekukan darah serta melemahkan pembuluh darah. Kondisi inilah yang bisa meningkatkan risiko munculnya memar pada tubuh. 

Contohnya saja seperti obat antikoagulan, antiplatelet, atau pereda nyeri yang dapat mengganggu pembekuan darah, dan meningkatkan resiko perdarahan hingga memar. 

Penggunaan steroid, baik dalam bentuk oral maupun injeksi, juga dapat menyebabkan penipisan kulit dan kerapuhan pembuluh darah, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya memar. 

5. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari memang dibutuhkan agar tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan justru bisa menimbulkan memar pada tubuh. 

BACA JUGA:Orang-orang yang Dilindungi Khodam Pengasihan, Simak Selengkapnya

Ini karena paparan sinar matahari berlebih bisa menyebabkan kulit kehilangan kelenturan dan ketahanannya. Hal inilah yang membuat memar di tubuh lebih mudah terjadi dan mudah terlihat.

Kategori :