Waspada Penyakit Autoimun, Kenali 7 Penyebab Munculnya Memar Tanpa Sebab di Tubuh

Selasa 09-07-2024,10:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

6. Autoimun

Salah satu penyebab tubuh sering memar tanpa sebab yang harus di waspadai adalah penyakit autoimun.

Penyakit autoimun adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri secara tidak sengaja, menyebabkan peradangan, kerusakan jaringan, dan berbagai gejala lainnya.

Beberapa penyakit autoimun, seperti lupus eritematosus sistemik (SLE) atau purpura trombositopenik idiopatik (ITP), dapat mempengaruhi pembekuan darah atau kesehatan pembuluh darah secara umum, yang dapat meningkatkan risiko terjadinya memar tanpa sebab yang jelas.

BACA JUGA:Ingin Aman dari Penyakit? Jaga Sistem Imun Anda dengan Cara Ini

7. Penyakit Serius Lainnya

Jangan dianggap remeh, munculnya memar tanpa sebab juga bisa menjadi tandanya adanya penyakit yang cukup serius.

Beberapa kondisi medis tertentu, seperti leukemia atau penyakit hati, dapat menyebabkan perubahan dalam pembekuan darah atau dalam fungsi organ yang dapat menyebabkan memar tanpa sebab.

Jika kamu mengalami memar tanpa sebab yang jelas, atau frekuensi memar yang terjadi cukup sering (tidak wajar), penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Pemeriksaan medis dapat membantu mengidentifikasi dan menangani memar dengan cara yang tepat.

BACA JUGA:Cara Ampuh Memahami Serba-Serbi Tes Depresi

Nah, itulah penjelasan mengenai penyebab memar tanpa sebab dan cara mengobatinya. Penting untuk diingat bahwa memar tanpa sebab umumnya tidak memerlukan perawatan medis yang intensif, dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. 

Namun, jika memar tidak membaik dalam waktu yang wajar, atau jika kamu memiliki kekhawatiran tentang kondisi kesehatan kamu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kategori :