Kenali 5 Manfaat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan, Obat Trasional untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kamis 13-06-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Selain dapat meredakan panas, akar alang-alang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengatasi panas dalam. Tahukah kamu jika minuman penghilang panas dalam menyertakan akar alang-alang sebagai salah satu komposisinya?

Hal ini karena akar alang-alang dikenal sebagai salah satu obat panas dalam. Kamu bisa mengonsumsi rebusan akar alang-alang untuk meredakan panas dalam.

Selain itu, akar alang-alang dipercaya membantu menghidrasi tubuh karena memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi rasa haus dan mempercepat proses pemulihan dari demam.

4. Memiliki komponen antiradang

Manfaat akar alang-alang selanjutnya bagi kesehatan adalah untuk membantu mengurangi peradangan.  Peradangan merupakan mekanisme alami tubuh terhadap cedera atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus tertentu. 

Akar alang-alang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh akar herbal ini juga dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan pada tubuh.

BACA JUGA:Diperkaya Kandungan Vitamin C Terbaik, Inilah 7 Manfaat Air Lemon bagi Kesehatan

5. Mencegah berbagai macam penyakit 

Ekstrak tanaman ini juga memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab penyakit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science melakukan penelitian mengenai efektivitas akar ilalang untuk membunuh bakteri dan parasit penyebab penyakit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa akar herbal ini memiliki sifat antibakteri untuk membunuh bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Klebsiella pneumoniae yang dapat menyebabkan penyakit pneumonia.

Itulah manfaat alang-alang untuk kesehatan. Dengan mengetahui sejumlah manfaat alang-alang untuk kesehatan, apakah Anda masih ragu untuk menjadikan tanaman herbal yang satu ini sebagai pilihan obat tradisonal yang mampu mencegah datangnya penyakit. 

Kategori :