BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyebab mesin mobil menjadi overheat biasanya karena kerusakan pada radiator.
Namun, jika radiator sudah diganti baru, tapi mesin mobil masih juga mengalami overheat, komponen ini perlu dicek lagi.
Perlu diketahui, sistem pendinginan pada mesin semuanya terintegrasi, tidak hanya radiator saja. Slang-slang, tutup radiator, hingga blok silinder mesin semuanya saling terkait.
Yang pertama adalah lakukan pengecekan pada slang radiator, sebab kebocoran bisa saja terjadi meskipun halus.
BACA JUGA:Radiator Mobil Bocor? Jangan Diservice, Ini Bahayanya
Slang radiator bocor, akan menyebabkan volume air berkurang, dan lama-lama jadi overheat, biasanya slang radiator mengalami kebocoran halus di bagian ujung, terutama yang diikat dengan klem.
Kemudian komponen yang kedua yakni Thermostat, yang berguna sebagai 'pintu' air dari blok mesin menuju radiator.
Jika thermostat ini rusak, maka air tidak bisa bersirkulasi ke radiator untuk didinginkan. Thermostat yang rusak juga bisa dikenali dengan adanya gejala mesin sulit mencapai suhu optimal akibat katup thermostat selalu terbuka.
Dan komponen yang ketiga adalah Water Pump, yang seiring waktu water pump mulai korosi sehingga makin lambat putarannya, bahkan bisa mengalami macet.
BACA JUGA:Isi Radiator, Kernet Bus Celaka
Jika Water pump ini bermasalah maka bisa menjadikan sirkulasi air radiator terganggu. Gejalanya, water pump ada bunyi seperti ngorok, itu tanda harus diganti. (*)