Anda Mau Beli Rumah? Pahami 7 Tipe Rumah Berikut Ini!

Minggu 09-04-2023,13:00 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

Pilihlah tempat yang dekat dengan akses publik dan terbebas dari bencana alam. Dengan kata lain, pilihlah hunian yang berlokasi di tempat strategis. Hal ini akan memudahkan Anda dalam berbagai hal, terutama jika Anda berencana menjadikan rumah tersebut sebagai passive income seperti membuat kos-kosan atau kontrakan.

2. Mengajukan KPR

KPR bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki rumah namun terhalang oleh dana. Syarat utamanya pastikan track record Anda bersih dengan skor kredit yang bagus. Sehingga, proses pengajuan yang ada akan lebih mudah untuk diterima oleh kreditur. Pastikan juga cicilan yang diambil sudah disesuaikan dengan pendatan dan kesanggupan Anda dalam mencicil.

3. Pilih Rumah Sesuai Kebutuhan dan Budget

Penting untuk memilih rumah sesuai dengan kebutuhan dan budget. Sebab, membeli rumah bukan hanya membayar lunas uang bangunan serta tanah akan tetapi ada beberapa dana yang harus dibayarkan contohnya uang muka. Adapun jika Anda ingin menjual kembali rumah yang sudah Anda beli, Anda bisa memilih tipe rumah yang paling banyak diminati.

4. Pilih Developer Terpercaya

Apabila Anda berencana menggunakan jasa developer, pilihlah developer yang sudah lama beroperasi dan terpercaya dengan memastikan latar belakangnya yang jelas dan pastikan tidak memiliki riwayat penjualan yang bermasalah.

5. Siapkan Dana Untuk Membeli Perabotan

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu menyisihkan sebagian budget pembelian rumah untuk membeli perabotan atau furniture di dalamnya. Hal ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan agar rumah impian dapat segera Anda tempati.

6. Hindari Membeli Rumah Dengan Riwayat Sengketa

Tips yang terakhir yaitu pastkan riwayat rumah bersih dan bebas sengketa. Hal ini sangat penting dan wajib menjadi concern Anda terlebih jika ingin membeli rumah bekas. Untuk memastikannya Anda dapat bertanya langsung kepada pemilik rumah maupun tetangga di sekitar. Tentunya kita tidak ingin bukan terbebani masalah baru saat akan menempati hunian idaman? (**)

 

Kategori :