Pemkab Tangani Langsung ODGJ

Senin 03-02-2020,10:57 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, bengkuluekspress.com - Untuk menyongsong Kabupaten Rejang Lebong yang benar-benar bebas pasung, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan menangani langsung masyarakat Rejang Lebong yang masuk dalam kategori Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Dalam menangani ODGJ tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM mengaku saat ini pihaknya telah membentuk tim kabupaten yang merupakan gabungan dari beberapa dinas intansi terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Rejang Lebong.

\"Untuk penanggulangan ODGJ di Kabupaten Rejang Lebong, kita sudah membentuk tim kabupaten yang beranggotakan lintas sektor termasuk melibatkan masyarakat,\" sampai Syamsir.

Untuk tahap pertama, menurut Syamsir yang mereka lakukan yaitu melakukan inventarisir kasus ODGJ di Kabupaten Rejang Lebong. Setelah dilakukan inventarisir, kemudian tahap selanjutnya adalah melakukan pengobatan. Dimana menurutnya untuk melakukan pengobatan pihaknya telah menyiapkan dokter spesialis kejiwaan. Dalam proses pengobatan ODGJ ini sendiri, nanti masyarakat Rejang Lebong yang masuk dalam kategori ODGJ akan dikumpulkan di Puskesmas-Puskesmas terdekat, selanjutnya pihaknya akan mendatangkan dokter kejiwaan untuk memberikan pengobatan kepada para penderita ODGJ. \"Kita upayakan semaksimal mungkin untuk kita tangani sendiri dan tidak dibawa ke rumah sakit jiwa yang ada di Kota Bengkulu,\" paparnya.

Dalam proses pengobatan ODGJ ini, selain mengandalkan dokter kejiwaan, Syamsir berharap juga ada peran serta masyarakat dan keluarga dari penderita ODGJ itu sendiri, terlebih lagi menurut Syamsir ODGJ yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sebagian besar adalah penderita kambuhan yang sebelumnya pernah mendapat penanganan di rumah sakit jiwa, namun dalam masa pemulihan mereka kambuh lagi dan sebagian terpaksa harus dipasung oleh keluarganya karena membahayakan orang lain. \"Kurangnya penerimaan dari keluarga dan masyarakat serta tidak teratur meminum obat salah satu pemicu ODGJ ini kambuh lagi. Oleh karena itu kami harapkan peran serta masyarakat dan keluarga untuk membantu mereka agar benar-benar pulih,\" harapnya.

Dengan metode pengobatan yang akan mereka lakukan tersebut, Syamsir berharap para ODGJ di Kabupaten Rejang Lebong benar-benar pulih sehingga Rejang Lebong bisa benar-benar bebas pasung. Sementara itu, terkait dengan penyebab dari ODGJ sendiri, Syamsir mengaku disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari faktor ekonomi hingga faktor lainnya termasuk penyalahgunaan Napza. Sehingga membuat sistem syarafnya rusak. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait