Polda Bengkulu Tipe A

Selasa 12-11-2019,10:07 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Bengkulu Sejajar dengan Provinsi Lain

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal Polisi Drs Ari Dono Sukmanto SH akan meresmikan kenaikan Polda Bengkulu dari tipe B menjadi tipe A di halaman Mapolda Bengkulu, hari ini (12/11). Dengan demikian, maka Provinsi Bengkulu sejajar dengan provinsi-provinsi besar di Indonesia. Proses pengusulan kenaikan tipe ini lebih kurang 1 tahun, mulai dari mengajukan persyaratan ke MenPAN dan RB, kemudian tim dari MenPAN dan RB melakukan survei ke Polda Bengkulu untuk memastikan sudah terpenuhi syarat menjadi tipe A. Cukup banyak yang dinilai, mulai dari sumber daya manusia, tingkat kejahatan yang ditangani Polda Bengkulu, insfrastruktur serta fasilitas hingga jumlah penduduk Bengkulu.

\"Prosesnya cukup lama, lebih kurang satu tahun proses pengusulan kenaikan tipologi. Cukup kompleks yang dinilai saat tim dari MenPAN dan RB melakukan survei,\" jelas Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Supratman melalui Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno SSos MH, Senin (11/11).

Dengan kenaikan tipologi menjadi tipe A, maka pelayanan untuk masyarakat bakal ditingkatkan. Polda Bengkulu sudah merealisasikan upaya tersebut, mulai dari menambah gedung dan menambah fasilitas pelayanan masyarakat. Selain itu, juga meningkatkan mutu SDM agar memiliki kemampuan lebih baik lagi, dan menambah jumlah personel. Meningkatkan kinerja dari segala aspek, mengurangi aksi tindak kriminal sampai menindak tegas pelaku tindak kriminal. Sebab, sudah menjadi tipe A, tentu ada peningkatan pangkat bagi pejabat yang menduduki jabatan di Polda Bengkulu. Kapolda dijabat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen), Wakapolda dijabat Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen).

Jika masih tipe B, beberapa Kabid masih dijabat perwira berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), setelah menjadi tipe A maka Kabid bakal dijabat perwira berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes). \"Kenaikan tipologi kita berkomitmen meningkatkan pelayanan masyararakat, terkait infrastruktur dan fasiltias juga kita tambah. Kinerja juga kita tingkatkan, pada intinya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,\" imbuhnya.

Selain itu, bersamaan dengan kenaikan tipologi, bulan Januari 2020 mendatang bakal diresmikan Polres Bengkulu Tengah. Dengan demikian, jumlah Polres jajaran Polda Bengkulu menjadi 10 Polres. Pejabat yang akan mengisi Polres Bengkulu Tengah kemungkinan besar diambil dari Polda Bengkulu. Saat ini, Polda Bengkulu juga tengah mengusulkan Polres Bengkulu menjadi Polrestabes. Karena Polres Bengkulu sudah layak ditingkatkan menjadi Polrestabes, jika melihat jumlah kejahatan yang ditangani cukup banyak.

\"Polres Benteng segera diresmikan, Bapak Kapolda juga berupaya mengusulkan kenaikan tipe Polres Bengkulu menjadi Polrestabes,\" tegas Kabid Humas.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah menegaskan, kenaikan Polda Bengkulu dari tipe B menjadi tipe A menjadi foktor majunya Provinsi Bengkulu. Sebab, kenaikan Polda jadi tipe A itu membuat Bengkulu sejajar dengan provinsi lain di Indonesia. \"Meningkatkan status kelembagaan seperti ini membuat Bengkulu sejajar dengan provinsi lain,\" ujar Rohidin kepada BE, kemarin (11/11).

Menurut Rohidin, berubahnya Polda Bengkulu menjadi tipe A tidak hanya menambah personel polisi saja, tapi juga anggaran Polda akan naik. \"Koordinasi dengan provinsi tetangga juga bisa setara,\" tambahnya. Agar bisa lebih sejajar lagi dengan provinsi tetangga, tidak hanya Polda yang naik tipe, tapi juga Korem 041/Gamas dan Lanal Bengkulu. Posisi saat ini, jabatan Danrem 041/Gamas sudah disetujui berbintang satu. Begitupun untuk Lanal Bengkulu juga akan dinaikkan dari pejabat pangkat Letkol menjadi kolonel. \"Langkah ini harus terus didukung oleh semua pihak,\" tutur Rohidin.

Untuk mempercepat beberapa hal tersebut, Rohidin menegaskan dalam berbagai kesempatan dirinya bersama pihak terkait terus berupaya hal tersebut bisa direalisasikan. Dengan demikian, Bengkulu benar-benar bisa selangkah lebih maju lagi. \"Berbagai kesempatan ini juga sudah saya sampaikan,\" tambahnya. Gubernur berharap dengan kemajuan tersebut bisa membuat Bengkulu lebih maju dan berkembang. Untuk mewujudkan semua itu, maka harus mendapatkan dukungan semua pihak. Sehingga kemajuan Bengkulu benar-benar bisa direalisasikan. \"Secara keseluruhan, itu akan memberikan dampak kemajuan Provinsi Bengkulu,\" pungkas Rohidin. (167/151)

Tags :
Kategori :

Terkait