Pembukaan Malam Festival Tabut Bengkulu 2018 Memukau

Senin 10-09-2018,22:59 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Bengkulu, bengkuluekspress.com - Festival Tabut 2018 resmi dibuka Senin malam (10/09/18), di panggung utama di kawasan View Tower, Kampung, Kota Bengkulu. Acara pembukaan berlangsung memukau dengan pertunjukan seni tari dan alat musik tradisional Dol. Suguhan tari dan musik itu mampu menghibur dan membuat ribuan penonton yang hadir berdecak kagum.

Staf ahli Kementerian Pariwisata Bidang Kultur, Esti Reko Astuti. yang hadir pada malam pembukaan tabut dalam sambutannya menuturkan, festival Tabut event tahunan Provinsi Bengkulu ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke Bengkulu.

\"Festival Tabut 2018, 10 calendar of event Nasional Kementerian Pariwisata. Kita mendukung baik untuk promosi di media maupun event,\" terang Esti.

Dikatakan Esti, Bengkulu punya banyak daya tarik wisata baik wisata alam, budaya, maupun wisata sejarah. Salah satunya wisata budaya Festival Tabut yang menjadi peluang menarik wisatawan.

\"Untuk diketahui kunjungan wisatawan masih kecil di Bengkulu. Diharapkan potensi pariwisata seperti ini bisa dipasarkan dan perlu komitmen agar menjadi daya tarik tersendiri,\" ujarnya.

Ia berharap bukan hanya peran serta Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu saja dalam melakukannya, akan tetapi kerja sama stakeholder pusat maupun daerah, serta masyarakat Bengkulu.

\"Kita harapkan pariwisata Bengkulu terus berkembang dan bandara dan Serta KEK (Kawasan Ekonomi Khusus ) yang direncanakan sebagai penunjang pariwisata Bengkulu semoga terlaksana untuk penunjang wisatawan,\" pungkasnya.

Plt. Gubernur Bengkulu dikesempatan sama dalam sambutannya mengatakan, Festival Tabut 2018 tidak hanya event material dan budaya Bengkulu. Ini juga kegiatan dalam rangka perayaan tahun baru Islam, 1 Muharram.

\"Kita berharap dengan telah ditetapkan festival Tabut dalam kalender event nasional harus dikembangkan, dibina dan dijaga dengan baik,\" tuturnya dalam sambutan pada pembukaan Festival Tabut 2018.

Rohidin menambahkan, Festival Tabut ini menyatukan kebersamaan dan keluarga masyarakat Bengkulu untuk mencintai Budaya. Kedepannya diharapkan event seperti ini membuat Bengkulu dikenal di kancah nasional maupun internasional dan sekaligus bisa memajukan ekonomi Bengkulu kedepan.

Pembukaan Festival Tabut 2018, dikemas meriah. Ratusan pemain Dol berbaris sepanjang jalan dari Balai Raya Semarak hingga lapangan Merdeka (View Tower), Kota Bengkulu. Mereka menabuh Dol secara serentak hingga menghasilkan suara berirama kencang bersahutan yang meriah.

Ditambah lagi hiburan nyanyian dan tarian yang disajikan panitia di atas panggung utama festival Tabut yang menarik mampu membuat ribuan pengunjung betah berlama menyaksikan pembukaan acara Tabut hingga selesai. (HBN)

Tags :
Kategori :

Terkait