Lomba Syarafal Anam HUT Kota Bengkulu ke 304, Perebutkan Rp 30 Juta

Lomba Syarafal Anam HUT Kota Bengkulu ke 304, Perebutkan Rp 30 Juta

Lomba syarafal anam dalam rangka HUT Kota Bengkulu ke 304-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRRSS.COM - Seni Islam syarafal anam adalah seni islam yang berkembang di Bengkulu secara umum. 

Syarafal Anam pada dasarnya adalah penyajian vokal salawatan atau puji-pujian kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW yang disertai dengan permainan alat musik terbangan (Rebana), dan dalam penyajiannya ketiga elemen ini vokal, alat musik, terbangan (rebana). 

Dalam rangkaian HUT kota Bengkulu ke 304 tahun ini, Pemkot Bengkulu menggelar perlombaan syarafal anam yang diikuti 13 grup dari setiap kecamatan di Kota Bengkulu. 

Dalam 13 grup Syarafal Anam ini didominasi oleh tokoh masyarakat Kota Bengkulu dan siap memperebutkan juara untuk mendapatkan hadiah Rp 30 juta. 

BACA JUGA:Lomba Lato-lato Tingkat Dunia Pemkot Bengkulu Pecahkan Rekor

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Bangun Lapangan Sepak Bola Mini di 9 Kecamatan

Perlombaan ini digelar di Kota Merah Putih, Kelurahan Pekan Sabtu, Selasa pagi (14/3) dengan penuh semangat peserta dan siap menampilkan peforma terbaik dihadapan para juri dari Badan Musyawarah Adat (BMA). 

Lomba ini dibuka langsung oleh Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Asisten II Saipul Apandi beserta jajaran Pemkot lainnya.

"Lomba sarafal anam menjadi bagian penting pada rangkaian Hari Jadi ke-304 Kota Bengkulu. Dalam hal ini, Walikota Helmi meminta sarafal anam digaungkan di Kota Merah Putih, dengan harapan tradisi ini tak akan pudar di masa mendatang" jelas Wawali Dedy Wahyudi.

Pada momen hari jadi ke-304 Kota Bengkulu ini, pemkot benar-benar ingin mengangkat potensi yang ada dari berbagai suku dan budaya yang ada untuk diwariskan dan dilestarikan ke generasi selanjutnya.

BACA JUGA:Jajaran Pemkot Bengkulu Ziarah ke Makam Walikota Terdahulu

BACA JUGA:Festival Band Sedunia Rangkaian HUT Kota Bengkulu ke-304 Sukses, Marvelouse Band Sabet Juara 

“Di 304 ini, kami betul-betul mengangkat potensi yang ada. Berbagai suku, adat dan budaya kita rangkul semua, tapi Bengkulu menjadi prioritas, yang lain kita berikan juga, seperti tadi malam ada penampilan dari minang, ada juga sunda, batak, rejang dan lainnya," tambahnya. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: