LKBH IAIN Bengkulu Terus Tunjukkan Eksistensi

LKBH IAIN Bengkulu Terus Tunjukkan Eksistensi

IAIN BENGKULU – Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) IAIN Bengkulu terus menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat. Terbukti LKBH IAIN Bengkulu mengadakan seminar Penyuluhan Hukum dengan tema “Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Menjaga Masa Depan Bangsa”. Kegiatan ini dilaksankan di Masjid Nurul Ihsan, Desa Lagan Bungin, Kecamatan Talang Empat, Bengkulu Tengah. Minggu (11/3).

“Penyuluhan hukum tentang perlindungan anak ini dilaksanakan untuk melindungi anak, karena anak merupakan aset penerus generasi bangsa yang harus dilindungi dari kejahatan terhadap anak,” ungkap Dr H John Kanedi, SH MHum, selaku narasumber seminar dan dosen Fakultas Syariah IAIN Bengkulu.

Dia menambahkan dengan adanya penyuluhan hukum seperti ini, masyarakat khususnya para ibu agar lebih waspada dalam menjaga anak  mereka, serta penyebaran informasi yang tersebar luas yang membahayajan bagi anak.

 Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) IAIN Bengkulu telah berdiri sejak 2013. Lembaga ini telah menyelesaikan tiga kasus diluar perkara pengadilan.

 LKBH IAIN Bengkulu merupakan sebuah lembaga yang berfungsi sebagai penyelesaian hukum bersifat nonlitigasi (penyelesaian perkara hukum diluar pengadilan) beralamat di kawasan kampus IAIN Bengkulu, Jalan Raden Patah Pagar Dewa.

LKBH IAIN Bengkulu menyediakan jasa Konsultasi dan Bantuan Hukum, Pemberdayaan masyarakat, serta penyelesaian hukum diluar pengadilan, seperti mediasi untuk menyelesaikan perkara yang sedang bersengketa.

Dalam penyelesaiannya LKBH IAIN Bengkulu membantu menyelesaikan perkara hukum secara gratis bagi masyarakat tidak mampu. Dengan syarat menyertakan surat keterangan tidak mampu dari kepala desa atau lurah setempat.

 Apabila kasus tersebut sudah sampai ke Rumah Tahanan (Rutan) dapat pula menyertakan surat keterangan dari Rutan tersebut. Bagi masyarakat Bengkulu yang hendak menyelesaikan perkara hukumnya dapat mendatangi LKBH IAIN Bengkulu atau menghubungi langsung Direktur LKBH IAIN Bengkulu. (Rls Humas IAIN Bkl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: