Penetapan Tersangka Jalan Enggano Molor

Penetapan Tersangka Jalan Enggano Molor

\"\"BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Penetepan tersangka kasus dugaan korupsi proyek jalan lapen di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, nampaknya molor dari jadwal yang sudah ditetapkan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu. Karena Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) belum selesai melakukan audit kerugian negara. Sebelumnya Kejati Bengkulu pernah menargetkan, mengumumkan tersangka pada September 2017.

\"Mungkin segera minggu ini kalau tidak minggu depan BPK mengeluarkan hasil perhitungan kerugian negara. Jika sudah keluar sesegera mungkin kita mengumumkan tersangkanya,\" ujar Kajati Bengkulu, Baginda Polin Lumban Gaol SH MH melalui Aspidsus Kejati Bengkulu, Henri Nainggolan SH MH, Selasa (3/10).

Penetapan tersangka dugaan korupsi proyek jalan lapen Kecamatan Enggano nampaknya hanya tinggal menunggu audit kerugian negara dari BPK keluar. Karena seluruh saksi ahli sudah selesai diperiksa. Sejumlah bukti lain nampaknya sudah dikantongi penyidik Kejati Bengkulu.

\"Untuk saksi ahli sudah semua diperiksa. Kita hanya tinggal menunggu audit kerugian negara keluar,\" imbuh Aspidsus.

Lebih lanjut Aspidsus mengatakan, masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir dengan lamanya penetapan tersangka jalan enggano. Masyarakat harus percaya dengan Kejati Bengkulu untuk menuntaskan kasus dugaan korupsi yang menelan anggaran RP 17,5 miliar tersebut.

\"Masyarakat tidak perlu khawatir, percaya dengan Kejati Bengkulu, kasus Enggano dipastikan segera diumumkan tersangkanya,\" tegas Aspidsus.

Seperti diketahui sebelumnya, kerugian proyek Enggano diperkirakan Rp 7,1 miliar dari anggaran Rp 17,5 miliar. Angka tersebut berdasarkan penghitungan dari ekpose jajaran Kejati Bengkulu dan hasil dari LHP BPK tanggal 30 Mei 2017 lalu. Penghitungan kerugian nagara dilakukan mulai dari proses perencanaan sampai pelaksaan pekerjaan fisik.

Diduga kuat dugaan korupsi ini akan menyeret banyak nama, diperkirakan tersangka lebih dari 3 orang. Karena selain ditemukan pelanggaran dalam pengerjaan dan perencanaan, ada juga aliran dana proyek yang diterima sejumlah pihak yang totalnya lebih kurang Rp 1,8 miliar.(167) Baca Juga Pengembalian Uang Proyek Enggano Bertambah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: