Korban Banjir Butuh Makanan Siap Saji dan Air Mineral

Korban Banjir Butuh Makanan Siap Saji dan Air Mineral

\"KorbanSELUMA, Bengkulu Ekspress - Hujan mengguyur sejumlah wilayah di Bengkulu menyebabkan ribuan rumah terendam. Korban banjir tidak hanya di Kota Bengkulu tetapi juga melanda Kabupaten Seluma. Kerugian akibat banjir ini ditaksir bisa mencapai miliaran rupiah. Selain akses transportasi terganggu, barang elektronik perabotan rumah tangga korban bajir mengalami kerusakan.

Banjir terjadi di Kabupaten Seluma menggenangi 1.157 rumah warga di 15 desa. Saat ini, korban banjir musiman ini membutuhkan bantuan obat-obatan, air bersih dan logistik makanan. Hingga kemarin baru ada bantuan air minum kemasan disalurkan oleh anggota DPRD Seluma Okti Fitriani SPd MSi dan Sekda Seluma Irihadi MSi. Bantuan itu belum menyentuh seluruh korban.

Dari pantauan Bengkulu Ekspress, sebagian genangan air di sejumlah wilayah telah mengalami surut. Namun, hingga tadi malam, sebanyak 450 rumah warga di pasar Ngalam dan sekitarnya masih digenangi air.

Laporan warga menyebutkan, selain membutuhkan bantuan logistik, mereka juga membutuhkan obat-obatan. “Sejauh ini kami membutuhkan obat-obatan, air bersih untuk minum, serta makanan siap saji, mengingat sumur air bersih saat ini sudah tergenang sama lumpur dan tidak layak konsumsi lagi,” ujar Nasirman, Warga Desa Cahaya Negeri.

Ketua Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Seluma Diel Andhika kepada Bengkulu Ekspress membenarkan warga sangat membutuhkan pasokan makanan siap saji dan air mineral. Mengingat sebagian besar air dan makanan warga sudah tidak bisa dipergunakan. Tak kalah pentingnya warga juga membutuhkan obat-obatan. Sejauh ini tidak ada warga yang sudah terjangkit namun tetap di waspadai akan warga yang mulai sakit. “Korban jiwa tidak ada namun korban material cukup merata dialami oleh warga di 15 desa tergenang banjir ini,”sampainya.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Irihadi MSI mengatakan Pemda Seluma akan menyalurkan bantuannya. Namun tetap saja akan mengkoordinasikan ke Pemprov Bengkulu. Termasuk menyalurkan air minum dan air bersih termasuk juga kebutuhan mendesak untuk korban yang kediaman rumahnya tergenang dari luapan banjir.

“Bantuan tahap awal sudah di salurkan namun tenda barak dan dapur umum ikut di dirikan oleh BPBD Seluma,”ujarnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: