Bendahara Wajib Ditraining

Bendahara Wajib Ditraining

\"Belajar

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress - Belajar dari banyak temuan pelanggaran administrasi dalam penyusunan laporan penggunaan keuangan di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang lalu. Membuat Bupati Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM memerintahkan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus melaksanakan house training kepada para bendahara dijajaran OPD. Tujuan agar dalam pemeriksaan BPK kedepan tidak terdapat temuan-temuan berupa pelanggaran administrasi, yang akhirnya dapat menghalangi Pemkab Kepahiang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) seperti tahun pertama dirinya menjabat.

\"Bendahara harus memahami sifat-sifat prinsip yang mendasar akan tupoksinya. Maka saya perintahkan pimpinan OPD agar mengikut sertakan bendaharanya ikuti house training,\" tegas Bupati. Menurut Bupati, bila tidak dapat mengikuti kegiatan diluar, maka harus dapat mendatangkan instruktur ke Kepahiang sehingga bendahara dapat mengikuti pelatihannya. Guna meningkatkan kemampuan dalam menjalankan pekerjaan dengan baik. \"Harusnya Kepahiang bisa dapat WTP, tapi digagalkan oleh hal yang sepele. Seperti kegiatan sosialisasi dan pengadaan ATK. Termasuk soal pajak PPH dan PPN yang dipungut bendahara tapi tidak disetor di Kasda, Ini fatal,\" kata Dayat.

Kesalahan-kesalahan mendasarkan selama ini terjadi harus dapat diatasi, sehingga OPD dituntut berkerja secara maksimal demi melakasanakan seluruh program kerja pemerintah secara baik dan dapat berhasil sesuai dengan visi misi pemerintah. (320)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: