Fasilitator Desa Tangguh Bencana Terbentuk

Fasilitator Desa Tangguh Bencana Terbentuk

\"Fasilitator

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Fasilitator yang nantinya bertugas untuk membentuk kelompok tim relawan dalam program desa tangguh bencana telah dibentuk dan di pilih langsung oleh BNPB.

“Fasilitatornya sudah ada, sebanyak dua orang. Keduanya langsung dilakukan penerimaan oleh BNPB,” kata Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko, Ramdani SE MSi dikonfirmasi Bengkulu Ekspress. Dua orang fasilitator itu masing – masing membina dua desa. Karena untuk tahun ini Kabupaten Mukomuko baru di setujui sebanyak empat desa untuk dibentuk desa tangguh bencana tersebut. Keempat desa itu adalah Desa Pasar Bantal,Pasar Ipuh, SP10 dan Kelurahan Koto Jaya.

“Empat desa itu fasilitator sudah ada dan mulai bekerja. Seperti membentuk tim relawan dan pokja – pokja di desa – desa tersebut,” ujarnya. Program dari BNPB itu, kata Ramdani, tujuan utamanya untuk mengantisipasi atau mengurangi resiko bencana. Kelompok Desa Tangguh Bencana itu nantinya akan bertugas dengan cepat untuk turun langsung kelapangan saat terjadi bencana. Bahkan untuk anggaran dalam kegiatan di empat desa itu yang telah ditunjuk dua fasilitator itu dibiaya APBN melalui BNPB Pusat.

“Anggaran dari BNPB masuk ke rekening BPBD kabupaten. Yang selanjutnya dapat dicairkan sesuai peruntukannya setiap kegiatan di empat desa tersebut. Seperti dalam waktu dekat 2 fasilitator akan mengikuti pelatihan yang di gelar BNPB di Surabaya. Anggaran yang sudah ada tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya,” lanjutnya. (900)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: