Puluhan Desa Belum Cairkan DD dan ADD

Puluhan Desa Belum Cairkan DD dan ADD

BENTENG, Bengkulu Ekspress- Memasuki pertengahan bulan Juli tahun 2017 ini, belum seluruh desa di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menerima kucuran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD). Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Benteng, Dra Yulia Faridah MSi menjelaskan, salah satu kendala yang selama ini menjadi penghambat adalah lambannya penuntasan laporan realisasi DD tahun 2017 serta laporan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2017.

\"Dari total 142 desa se-Kabupaten Benteng, ada sekitar 20 desa yang belum mencairkan DD dan ADD,\" ungkapnya. Selain itu, lanjut Yulia, salah satu syarat yang juga harus dipenuhi oleh setiap desa adalah Pemerintah Desa (Pemdes) harus menyerahkan rencana anggaran biaya (RAB) tentang realisasi DD dan ADD. Ini merupakan syarat tambahan selain dari laporan realiasi DD tahun 2016 dan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) tahun 2017. Hal ini perlu dilakukan agar Pemda Benteng bisa melakukan pengawasan dan monitoring secara tidak langsung terhadap rencana penggunaan anggaran yang akan disalurkan nantinya.

\"RAB juga harus diserahkan. Itu bukan aturan yang mengada-ada,\" tegas Yulia. Dari hasil pendataan yang dilakukan saat ini, lanjutnya, beberapa desa memang menemui kendala dalam proses pencairan DD. Diantaranya adalah Desa Taba Tarunjam karena APBDes dan laporan realiasasi belum disetujui oleh BPD serta Desa Rindu Hati yang memang menolak untuk menyerahkan RAB.

\"Secara keseluruhan, hanya tinggal Desa Rindu Hati yang belum menyerahkan RAB. Sedangkan sisanya, masih dalam proses,\" tandas Yulia.(135)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: