22 OPD Dapat Rapor Merah

22 OPD Dapat Rapor Merah

\"Bengkulu\"BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu terkait penyerapan anggaran terus dievaluasi.

Hasilnya, sejauh ini setidaknya ada 22 OPD mendapatkan rapor merah karena serapan anggarannya masih minim.

Sementara OPD mendapat rapor kuning ada 12 , yang mendapat rapor hijau ada 9 OPD dan 2 OPD mendapatkan rapor biru.

Asisten II Setdaprov Bengkulu, Drs Ari Narsa JS mengatakan berbagai upaya sudah dilakukan agar target tersebut tercapai.

\"Ini kita evaluasi apa yang menjadi penyebabnya. Jangan terus tidak tercapai target,\" terang Ari kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (8/6).

Dikatakanya, dari hasil evaluasi yang dilakukan bersama masih-masing OPD. Minimnya serapan anggaran terkendala dengan aturan hibah sesuai dengan perubahan aturan dari Permendagri Nomor 14 tahun 2016.

\"Aturan hibah memang masih menjadi kendala. Jadi memang penyesuaiannya yang masih banyak belum dipahami,\" tambahnya.

Ari menjelaskan, anggaran tersebesar APBD itu ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud).

Dengan permasalahan hibah dan belum berjalannya proyek pekerjaan, hal itu membuat serapan anggaran masih belum tercapai target.

\"Ini yang harus dilakukan percepatan,\" tuturnya.

Target yang belum terjacapai 100 persen dari target itu tentunya akan menjadi catatan penting. Sebab, jika hal ini terus terjadi, maka anggaran yang sudah diberikan akan masuk menjadi Sisa Lebih  Pembiayaan Anggaran (SiLPA) di APBD. Untuk itu, percepatan proyek maupun program harus cepat dilakuan. Sehingga target realisasi anggaran mampu dicapai.

\"Silahkan dipercepat lelang dan hal lainnya. Jadi jangan sampai terus menunggu sehingga target tidak sampai,\" tandasnya. (151) SERAPAN MASING-MASING OPD OPD Rapor Merah 1. Satpol 2. Disperindag 3. PPKD 4. Biro Administrasi Pembangunan 5. BP3D 6. Inspektorat 7. RSUD    M Yunus 8. Dinas Pariwisata 9. Diskeswan 10.Distanbun 11. Kominfo 12. DKP 13. Biro Umum 14. Dinas PUPR 15. Dishub 16. Dukcapil 17. Dispora 18. Biro Organisasi 19. Biro Ekonomi SDA 20. Biro Pemerintahan dan Kesra 21. DPKPP 22. Biro Hukum OPD Rapor Kuning 1. DPRD 2. Dinsos 3. DP3AP2KB 4. Kantor Penghubung 5. Dinas ESDM 6. Sekretariat Daerah 7. Pangan 8. Rumah Sakit Jiwa 9. BPSDM 10. DPMD 11. Dinkes 12. BPKD OPD Rapor Hijau 1. Setwan 2. KDH 3. BKD 4. BPBD 5. DPMPTSP 6. Kesbangpol 7. Dikbud 8. Disnaker 9. Diskop UKM OPD Rapor Biru 1. Perpustakaan 2. DLHK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: