Pelabuhan Bengkulu Prioritas Pembangunan Nasional

Pelabuhan Bengkulu Prioritas Pembangunan Nasional

Deklarasi Bersama  Membangun Negeri BENGKULU,  Bengkulu Ekspress  - Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu milik PT Pelindo II telah menjadi prioritas pembangunan nasional.  Direktur Utama Indonesia Port Corporation (IPC),  Elvin G Masassya mengatakan pengembangan pelabuhan Pulau Baai Bengkulu sudah masuk dalam Rancangan Induk Pelabuhan (RIP)  secara nasional.

\"Peningkatan kapasitas pelabuhan menang sudah masuk dalam RIP.  Nantinya akan mampu mendongkrak ekonomi Bengkulu,\" terang Elvin dalam konfrensi pers usai menggelar safari Ramadhan di kantor PT Pelindo II Bengkulu,  beberapa waktu lalu.

Pengembangan pelabuhan itu meliputi dari sarana prasaran pelabuhan,  hingga menjaga kedalam alur tetap berada di kedalam 10 LW.  Sehingga kapal-kapal besar bisa terus leluasa masuk pelabuhan terbesar di Provinsi Bengkulu ini.

\"Optimalisasi pemanfaat pelabuhan harus jadi prioritas utama,\" tambahnya.

Terlebih saat ini,  lanjut Elvin kapal kontener sudah banyak merapat ke pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Barang curah kering sudah lancar didistribusikan ke Bengkulu melalui peti kemas.  Ini juga menjadi bukti ekonomi Bengkulu terus meningkat.  \"Perlu terus dikerjasamakan dengan semua stakeholder,  agar distribusi bahan baku melalui peti kemas dapat terus meningkat,\" papar Elvin.

Dari sisi kawasan pelabuhan,  lahan seluas lebih dari 1000 hektar ini juga sudah mulai ditumbuhi investasi.  Mulai dari pembanguan PLTU,  industri pabrik PT Semen Padang,  lahan yang disiapkan khusus untuk penggemukan sapi,  hingga industri lain yang siap berdikari di Bengkulu. Langkah ini tentunya akan semakin mendongkrak pertumbuhan Ekonomi di Bengkulu.

\"Kerjasama ini harus terus ditingkatkan,\" tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Benglulu Dr H Rohidin Mersyah mengatakan keberadaan pelabuhan Pulau Baai sangat berperan penting untuk mendorong ekonomi Bengkulu.

\"Pertumbuhan ekonomi Bengkulu secara nasional memang meningkat.  Hal ini terbukti dengan banyaknya kapal-kapal besar membawa ribuan peti kemas bersandar di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu,\" tambah Rohidin.

Infrastruktur pelabuhan bisa menjadi penggerak ekonomi Bengkulu diwilayah barat Pulau Sumatera. Tentunya juga harus didukung dengan transportasi jalur darat.  Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Bengkulu bersama pemerintah pusat nantinya akan dibuka akses jalan lantas provinsi menuju pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

\"Tak hanya itu,  jalur rel kereta api menghubugan Lubuk Linggau-Bengulu juga akan dibuka.  Kemudian dari Sumatera Selatan ke Kaur juga aman dibuka.  Hal ini nantinya akan menjadi pintu logistik menuju Bengkulu,\" pungkas Rohidin.

Sementara, acara safari Ramadan tersebut,  PT pelindo II juga menggelar deklarasi  bersama membangun negeri.  Dimana deklarasi itu ditandatangani langsung oleh Dirut utama IPC Elvin G Masassya,  Wakil Gubernur (Wagub) Benglulu Dr H Rohidin Mersya,  Komisaris IPC Tumpak H Pangabean,  GM PT Pelindo II Bengkulu Drajat Sulistyo,  Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu Sendjun Manulang SH MH,  Kepala Perwakilan BI Bengkulu Endang Kurnia Saputra,  Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Fajar Rusdianto, perwakilan Polda Bengkulu,  perwakilan Korem 041/Bengkulu dan tokoh masyarakat. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: