Perairan Ipuh Nyaris Kembali Rusuh

Perairan Ipuh Nyaris Kembali Rusuh

\"Mukomuko\"IPUH, Bengkulu Ekspress  – Situasi di perairan Ipuh dan sekitarnya, kemarin (7/5/2017) pagi,  nyaris kembali  terjadi keributan atau rusuh. Pasalnya, kapal  nelayan yang diduga menggunakan alat tangkap trawl kembali  memasuki di perairan tersebut.

“Ya, hampir terjadi aksi pengusiran di perairan Ipuh,” aku Kepala Bidang Perikanan Tangkap, KTNA Kabupaten Mukomuko, Ramli dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (7/5/2017).

Beruntung, kata Ramli, tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Nelayan hanya sebatas ramai berkumpul di pinggir pantai dan tidak melakukan aksi apapun.

“Emosi nelayan masih dapat kita tahan. Sehingga tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan di perairan,” ujarnya. Pihaknya meminta pemerintah daerah dan pihak – pihak terkait tidak berdiam diri. Karena peristiwa yang sama sering terjadi di perairan tersebut. Padahal batas penangkapan kapal nelayan yang menggunakan pukat, dengan perahu jongkong yang digunakan nelayan Ipuh dengan alat tangkap standar   sudah lama ada kesepakatan bersama.  Jika hal tersebut tidak menjadi perhatian serius. Tidak menutup kemungkinan bakal terjadi ‘perang’ di perairan, khususnya antar nelayan  di daerah ini.

“Kami harap pihak – pihak terkait menyikapi serius dan mengambil  langkah atau solusi yang cepat serta tepat. Ini untuk menghindari hal terburuk yang tidak menutup kemungkinan bakal kembali terjadi di perairan Mukomuko, khusus di wilayah tangkapan nelayan Ipuh dan sekitarnya,” pungkasnya. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: