Bansos Warga Sakit Rp 450 Juta

Bansos Warga Sakit Rp 450 Juta

\"uang\"

TUBEI Bengkulu Ekspress - Pada 2017 ini, Pemerintah Kabupaten Lebong, menganggarkan dana untuk bantuan bagi warga yang sakit dan pembangunan rumah ibadah. Anggarannya sebesar Rp 1 miliar dari nggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Lebong 2017.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong Wuwun Mirza SE MT menjelaskan, ditahun 2017 ini total anggaran bantuan sosial (bansos) secara keseluruhan Rp 1 miliar.

\'\'Terdiri dari bantuan sosial untuk masyarakat Kabupaten Lebong yang sakit yaitu sebesar Rp 450 juta dan Rp 550 juta bansos yang diperuntukkan bagi pembangunan sarana ibadah,\'\' kata Wuwun.

Pengajuan bantuan ini dilakukan melalui proposal oleh pemohon. Setelah proposal diterima dilanjutkan dengan proses verifikasi. Untuk Bansos sarana ibadah ini dilakukan oleh Bagian Kesejahteraan Sosial Setkab Lebong bersama tim BKD. Sementara untuk Bansos bantuan warga sakit dilakukan oleh tim BKD yang melibatkan Dinas Kesehatan, \" ujar Wuwun.

Lebih jauh diungkapkan Wuwun, untuk bansos pembangunan sarana ibadah hanya dapat diberikan kepada pengurus rumah ibadah seperti pengurus masjid melalui rekening. Bantuan tidak dapat diberikan kepada organisasi seperti majelis taklim atau organisasi keagamaan lainnya.

\"Karena bantuan untuk majelis taklim sudah ada dana tersendiri melalu DD maupun ADD masing-masing desa,\" tambah Wuwun.

Sementara itu, untuk Bansos warga sakit, BKD telah menerima sebanyak 25 proposal yang diajukan oleh masyarakat. Dari proposal tersebut, BKD telah melakukan proses verifikasi dengan turun langsung kelapangan melakukan pengecekkan langsung terhadap calon penerima bansos.

\"Verifikasi dilakukan untuk mengetahui apakah yang bersangkutan benar-benar sakit atau tidak. Hasilnya 1 berkas terpaksa ditolak karena calon penerima diketahui sudah meninggal dunia sejak 2 tahun yang lalu, \" pungkasnya(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: