Nilai Tertinggi Belum Tentu Terpilih, Gub Serahkan Calon Kepala OPD ke KASN

Nilai Tertinggi Belum Tentu Terpilih, Gub Serahkan Calon Kepala OPD ke KASN

\"\" BENGKULU, BE - Tiga besar hasil seleksi pejabat eselon II Pemprov Bengkulu berada di tangan Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti. Untuk menetapkan satu dari tiga peserta yang telah dilakukan perangkingan tertinggi oleh Panitia Seleksi (Pansel) itu, Gubernur menunggu hasil keputusan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

\"Hasil tiga besar sudah diserahkan ke KASN, nanti KASN yang akan memilihnya,\" terang RM kepada BE, kemarin (4/4).

Dikatakannya, keputusan dari KASN itu merujuk pada tugas dan fungsi KASN dalam menetapakan jabatan ASN, meskipun Gubernur sendiri memiliki kewenangan penuh untuk memilih satu dari 3 besar yang telah direkomendasikan oleh pansel.

\"Kalau gubernur yang memilih nanti salah, karena ASN sudah diamanatkan UU untuk memilih pejabat eselon II tersebut,\" ujarnya.

Gubernur mengaku tidak bisa memberikan jaminan bagi peserta yang mendapatkan perangkingan tertinggi akan langsung duduk di 27 kursi empuk kepala dinas. Sebab keputusan tertinggi untuk jabatan tersebut ada di KASN.

Meski demikian, kata dia, peluang definitif bagi peserta yang mendapatkan nilai tertinggi juga sangat besar. Rata-rata, pejabat yang sebelumnya menduduki jabatan pelaksana tugas (Plt) mendapatkan nilai tertinggi.

Namun dari beberapa peserta juga diprediksi masih sulit, bagi nilai tertinggi menduduki secara definitif. Mengingat beberapa pejabat ini memiliki keunggulan dan prestasi yang sama besarnya.

Hal ini meliputi jabatan di Kepala Dinas Pariwisata dengan nilai 66.95 Yudi Satria DA SE MM masih akan bersaing ketat dengan Drs H Taufik Mantan MSi dengan nilai 64.12.

Termasuk untuk jabatan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yang masih akan direbutkan oleh Hj Foritha Ramadhani Wati SE MSi nilai 69,54 dengan Hj Willy Purnama Hidayanti SH MM nilai perengkingan 65,38.

Begitupun jabatan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral dengan nilai tertinggi Ir Ahyan Endu 72.03 dan Ir Anthony P Doloksaribu MSi dengan peringkingan 67.34. Serta jabatan Kepala Dinas Kesehatan dengan nilai 73.47 H Herawan Antoni SKM MKes masih akan bersaing dengan drg H Edriwan Mansyur MM dengan nilai 67.95.

\"Kita berharap yang terbaiklah,\" tambah RM.

Gubernur akan menerima apapun keputusan dari KASN. Walapun nantinya, nama-nama yang mendapatkan nilai tertinggi tidak diberikan rekomendasi oleh KASN. Sehingga keputusan itu benar-benar diambil dari rekomendasi KASN. \"Apapun keputusannya, kita akan terima,\" turutnya.

Ketika nantinya satu dari tiga nama tersebut telah direkomendasi oleh KASN, maka gubernur akan langsung melakukan pelantikan kepada semua pejabat defintif. Hal itu dilakukan agar semua jabatan Plt dapat cepat diisi oleh defintif. \"Segeralah kita lantik, karena memang sudah lama sekali kita memiliki jabatan yang masih Plt,\" tandasnya RM. (151)

NAMA-NAMA PESERTA DIPREDIKSI DEFINITIF

1. Kepala Inspektur - Massa Siahaan Ak MM CA QIA = 75,48

2. Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah - H Gotri Suyanto SE MSoc Sc = 72,80 3. Kepala Badan Kepegawaian Daerah - Drs Arinarsah Jayasurya = 71,61 4. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah - H Heru Susanto, SE MM = 75,21 5. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik - Drs Farid Abdullah MM = 66,26 6. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah - Dr Soemarno MPd = 74,39 7. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu - Ir Hendry Poerwantrisno = 72,59 8. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana - Hj Foritha Ramadhani Wati SE MSi = 69,54 - Hj Willy Purnama Hidayanti SH MM = 65,38 9. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik - Edi Prawisnu SH MHum = 69,05 10. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral - Ir Ahyan Endu = 72.03 - Ir Anthony P Doloksaribu MSi = 67.34 11. Kepala Dinas Kesehatan - H Herawan Antoni SKM MKes = 73.47 - drg H Edriwan Mansyur MM = 67.95 12. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga - H Meri Sasdi MPd = 67.08 13. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang - Dr Kuntandi MM = 73.56

14. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan - Drs H Ade Erlangga Masdiana = 73.84 - Drs Sehmi MPd = 68.02

15. Kepala Dinas Perhubungan - Ir B Budi Djatmiko MM = 73.25 16. Kepala Dinas Pariwisata - Yudi Satria DA SE MM = 66.95 - Drs H Taufik Mantan MSi = 64.12 17. Kepala Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan - drh Majestika = 70.31

18. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa - Drs Ali Sadikin MSi = 73.24 19. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan - Ir Agus Priambudi Msi = 69,60

20. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja - Juniwanto SP MSi = 65,57 21 Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda - Rehan Ikmal SH MSi = 70,51 22. Kepala Biro Hukum - Muklisin SH MH = 66,36 23. Kepala Biro Administrasi Pembangunan - Taufik Adun SE MSi = 72,88 24. Kepala Biro Organisasi - Herman Romzi SSos MSi = 70,23 25. Kepala Biro Umum, Humas & Protokol - Yusni Syarkowi SE MSi = 70,26 26. Kepala Biro Administrasi Perekonomian & SDA - Anzori Tawakal ST MSi = 67,03

27. Direktur RSUD M Yunus - dr Zulkimaulub Ritonga SP = 71,90

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: