UKW Syarat Pimpin Media

UKW Syarat Pimpin Media

Zacky: Pers Harus Majukan Daerah

ARGA MAKMUR, BE- Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) daan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 71 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tingkat Provinsi Bengkulu digelar. Sebanyak 34 peserta UKW bakal dinilai langsung kelayakannya oleh tim penguji dari PWI pusat.

Ketua Panitia Peringatan HPN dan HUT PWI ke 71 Tingkat Provinsi Bengkulu Syahbandar SPd mengatakan lulus UKW merupakan salah satu syarat untuk menjadi pemimpin suatu media. Untuk itu dalam mengikuti ujian, tambahnya harus disiplin. Karena keterlambatan dan ketidak hadiran di dalam suatu sesi materi, maka peserta sudah dipastikan tidak akan lulus.

\"Kalau tidak disiplin dalam mengikuti UKW, peserta tidak akan lulus. Apalagi UKW syarat untuk verifikasi perusahaan media,\" ujarnya dalam sambutan pembukaan UKW, kemarin (30/3).

Tepisah Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antoni SH MH menyampaikan wartawan dilindungi oleh Undang-Undang Pers dalam bertugas. Namun jika melakukan perbuatan diluar tugas jurnalistik, maka ia menghimbau agar masyarakat dapat melaporkan kepada penegak hukum.

\"Memang wartawan dilindungi Undang-Undang dalam bertugas, tapi itu hanya berlaku saat menjalankan tugas. Tapi kalau wartawan itu mencuri, merampok atau perbuatan kriminal lainnya, laporkan,\" ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi antusias para peserta mengikuti UKW. Bahkan peserta berasal perbatasan Sumatera Barat (Sumbar) yakni Kabupaten Mukomuko dan Perbatasan Lampung yakni Kabupaten Kaur.\"Ikuti ujian dengan baik. Dewan penguji memberikan penilaian secara profesional,\" terangnya.

Tim Koordinator Dewan Penguji Hendry Ch Bangun menyebutkan jika seluruh dewan penguji telah menandatangani fakta integritas dalam melakukan pengujian. Sehingga ia menjamin 100 persen hasil pengujian secara objektif. \"Kita pastikan 100 persen objektif. Tapi kita disini sifatnya membantu kawan-kawan yang mempunyai semangat kerja keras, namun masih terlihat gugup,\" tuturnya.

Asisten III Setdakab Bengkulu Utara (BU) Ramadanus SE MM berharap agar lahirnya wartawan yang lebih baik dalam menjalankan tugas setelah mengikuti UKW. Dan selaku pihak pemerintah akan memberikan support penuh atas kesuksesan acara UKW tersebut.

\"Selamat mengikuti UKW bagi para peserta. Dan diharapkan nanti dapat menjadi wartawan yang profesional dalam melaksanakan tugas,\" pungkasnya sekaligus membuka cara UKW mewakili Bupati BU Ir Mian yang berhalangan hadir.(816)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: