2,5 Keliling Indonesia, Pesepeda Singgahi Arma

2,5 Keliling Indonesia, Pesepeda Singgahi Arma

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Raden Andik Jaya Prawira (74) keliling Indonesia menggunakan sepeda sejak 16 September 2014 lalu atau kurang lebih 2,5 tahun lalu mampir di Bengkulu Utara (BU). Kedatangan Kang Andik ini disambut oleh Ketua DPRD Bengkulu Utara Aliantor Harahap SE, Plt Sekda Bengkulu Utara Dr Haryadi SPd MM MSi dan Kajari Arga Makmur Fatkhuri SH.

Kang Andik yang memulai star keliling Indonesia dari Provinsi Banten ini telah berhasil mengelili pulau Jawa dan Bali dengan waktu 271 hari sejauh 6 ribu Km serta singgah di 128 kabupaten/kota. Selanjutnya NTB-NTT selama 105 hari dengan jarak 7.900 Km serta singgah di 29 kabupaten/kota. Kemudian meneruskan perjalanan ke Timur Leste.

Tak hanya itu, Kang Andik juga melewati Sulawesi, Maluku, Papua dan Kalimantan, Kepulauan Riau, Aceh, Medan hingga tiba di Bengkulu, tepatnya di Kabupaten Bengkulu Utara.

\"Saya ingin membuat sebuah museum hasil dari perjalan ini nanti,\" ujarnya ketika ditemui Bengkulu Ekspress, kemarin (29/3/2017).

Kang Andik yang merupakan alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA) angkatan 1964 ini mengaku tidak ada kendala dalam perjalan mengelilingi Indonesia. Menurutnya seluruh orang Indonesia sangat baik dan ramah. \"Selama perjalanan tidak ada kendala. Baik kesehatan dan semuanya. Hanya saja saya sudah ganti 7 kali ban luar sepeda karena sudah tipis,\" ungkapnya.

Ia juga memberikan motivasi bagi seluruh masyarkat untuk gemar bersepeda. Karena selain dapat menyehatkan badan, juga mengurangi polusi. Kalau menggunakan sepeda motor kita menghabiskan 1 juta per bulan. Dengan bersepeda kita jauh dapat menghemat pengeluaran,\" terangnya.

Terpisah Ketua DPRD Bengkulu Utara Aliantor Harahap SE juga berharap masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara untuk dapat gemar bersepeda. Walau tidak keliling Indonesia, namun setidaknya sebagai olahraga \"Kita wajib mencontoh hobi gemar bersepeda untuk menjaga kesehatan tubuh,\" pungkasnya. (616)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: