PDAM Tutup Intake Danau Liang

PDAM Tutup Intake Danau Liang

AMEN, Bengkulu Ekspress - Paska kejadian dugaan pencemaran sumber air bersih di Desa Danau Liang Kecamatan Lebong Tengah, pihak PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong memastikan tidak akan mendistribusikan lagi air yang bersumber dari Desa Danau Liang ke konsumen, meski hasil uji laboratorium Dinas Kesehatan (Dinkes) Rejang Lebong menyatakan sebagian air masih layak dikonsumsi.

Dijelaskan Direktur Utama PDAM TTE Lebong, Drs Sopian Razik, pihak PDAM tidak akan memakai sumber air yang diduga tercemar tersebut. Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan lokasi pembangunan intake baru yang lokasinya juga di Desa Danau Liang hanya berjarak 1 kilometer dari lokasi intake lama.

\"Namun untuk kepastiannya tetap akan berkoordinasi dengan Pemda Lebong. Sementara waktu, kita  mengimbau agar masyarakat yang menjadi pelanggan PDAM tidak mengkonsumsi air yang bersumber dari Danau Liang,\" jelas Sopian Razik.

Terkait anggaran Rp 1 miliar lebih yang telah diplot untuk rehab intake Desa Danau Liang yang kini diduga tercemar oleh aktivitas pengeboran PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), diakui Sopian akan dialihkan untuk kegiatan peningkatan lainnya. Namun pihaknya akan konsultasi dulu ke bupati serta instansi terkait. \"Pokoknya mau ada hasil uji laboratorium susulan lainnya, kami tetap tidak berani memakai intake Desa Danau Liang. Kita tidak mau kedepan ada masalah di masyarakat sebagai konsumen,\" tegas Sopian.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: