KPU Sukses Tingkatkan Partisipasi Pemilih

KPU Sukses Tingkatkan Partisipasi Pemilih

BENTENG, Bengkulu Ekspress - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berhasil meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Benteng 15 Februari 2017 lalu.

Komisioner KPU Kabupaten Benteng, Drs BJ Karneli menjelaskan, dari total 79.761 daftar pemilih, sebanyak 61.670 orang tercatat menggunakan haknya (mencoblos).

\"Jika dipersentasekan, angka partisipasi atau pemilih di Kabupaten Benteng mencapai 77,3 persen. Artinya, hanya 13.091 orang yang tidak menggunakan hak pilihnya,\" ungkap BJ Karneli. Jika dibandingkan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada tahun 2015 lalu, partisipasi pemilih mengalami peningkatan yang signifikan.

\"Pada Pilgub lalu, angka partisipasi kita hanya sebesar 63,9 persen. Namun pada pilbup Kabupaten Benteng tahun ini kita berhasil melampaui target,\" ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, keberhasilan yang diperoleh tentu saja bukan tanpa alasan. Salah satu upaya keras yang dilakukan adalah memaksimalkan kegiatan sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat. Dimulai dari pelajar selaku pemillih pemula hingga para orang dewasa.

\"Sosialisasi memang terus kita lakukan secara maksimal, dimulai dari para pelajar, tokoh masyarakat, hingga organisasi massa seperti KNPI, pemuda dan karang taruna. Bahkan, pada H-3 pilkada, kami turun langsung ke desa-desa untuk memberikan pengertian pentingnya pilkada. Dengan menerjunkan 3 tim, sebanyak 80 persen desa se-Kabupaten Benteng telah kita jangkau,\" bebernya.

Disampaikan BJ Karneli, dari 10 kecamatan se-Kabupaten Benteng, angka partisipasi tertinggi terdapat di Kecamatan Bang Haji yakni sebesar 80,47 persen dan terendah di Kecamatan Taba Penanjung sebesar 70,93 persen.

\"Partisipasi pemilih ini menunjukkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pilkada. Sebab, pemilih cerdas akan menghasilkan pemimpin yang memang berkualitas,\" pungkas BJ Karneli.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: