Trotoar Butuh Rp 20 M

Trotoar Butuh Rp 20 M

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Guna memperbaiki trotoar di Kota Arga Makmur, setidaknya dibutuhkan anggaran sebesar Rp 20 miliar. Revitalisasi trotoar ini dianggap perlu untuk kenyamanan para pejalan kaki, dan keindahan tata kota yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bengkulu Utara (BU). Apalagi sebagian besar trotoar memang merupakan bangunan tua yang sudah semestinya dilakukan peremajaan.

Ini juga sekaligus sebagai tambahan nilai tolak ukur dalam mengejar Piala Adipura Tahun 2018 mendatang.

Bupati BU Ir Mian mengatakan, pembangunan trotoar sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni Pemerintah Daerah (Pemda) BU pada tahun 2016, sebesar Rp 10 miliar. Namun hanya mampu memperbaiki 10 persen dari total trotoar yang rusak. Sehingga perbaikan ini akan diusulkan melalui dana APBN.

‘’Kita sudah coba di APBD murni 2016 bangun trotoar, cuma mampu bangun 10 persen. Maka kita berharap usulan melalui APBN dapat direaslisasikan pemerintah pusat melalui kementerian terkait,’’ ujar bupati dalam rapat evaluasi usulan APBN di ruang Pola BPKAD, Kamis (17/2).

Tak hanya itu, Bupati juga menyampaikan seluruh trotoar di seluruh ibu kota masing-masing kecamatan dalam Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 dapat terealisasikan. Sehingga dalam perubahan RPJMD nanti, harus mengaju pada 5 program pokok, yakni pemerintah yang berwibawa, peningkatan pelayanan kesehatan, pembangunan infrastruktur, pendidikan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

‘’Pembangunan yang menjadi skala prioritas ini harus dapat diwujudkan dalam RPJMD 2016-2021. Sehingga setiap ibu kota kecamatan mempunyai trotoar yang layak. Begitu juga perbaikan fasilitas umum lainnya,’’ ungkapnya.

Tak hanya itu, Bupati juga mengharapkan sanitasi dan kawasan kumuh yang diusulkan untuk perbaikan ditahun 2018 juga dapat dilakukan. Apalagi pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengharapkan adanya pembangunan yang terpadu dan terpusat. Sehingga Menteri PUPR dapat hadir meresmikannya di Kabupaten BU.

‘’Dengan masukkan yang diberikan Satker PUPR ditingkat provinsi ini. kita akan upayakan usulkan program yang terpusat, mulai dari bidang cipta karya, pemukiman dan sanitasi. Dan kita juga berharap anggaran untuk 2018 dapat lebih meningkat dari tahun sebelumnya,’’ pungkasnya.(816)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: