Lahan MAN IC Disiapkan Rp 1 M

Lahan MAN IC Disiapkan Rp 1 M

BENTENG, Bengkulu Ekspress -  Penambahan bangunan Madrasah Aliah Negeri Islam Cendikia (MAN IC) di Desa Renah Lebar, Kecamatan Karang Tinggi, Pemerintah Daerah (Pemda) ditahun 2017 ini dipastikan tidak tidak akan menemui kendala.

Pasalnya, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah menyiapkan anggaran Rp 1 miliar untuk pematangan lahan ditahun 2017 ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas (Kadis) PU Kabupaten Benteng, Drs H Rachmat Rianto melalui Kabid Cipta Karya, Nurul Takwa kepada BE, kemarin (16/2)

\"Dalam daftar penggunaan anggaran (DPA) Dinas PU, kita sudah menyiapkan dana sekitar Rp 1 miliar untuk pematangan lahan MAN IC,\" ungkap Takwa. Sementara itu, ketika ditanya luasan lahan yang nantinya akan dimatangkan, Takwa belum bisa membeberkannya. Sebab, proses pematangan lahan akan dihitungdengan menggunakan sistem kubikasi.

\"Luasnya tidak bisa kita pastikan. Sebab, luasan lahan tergantung pada volume kubikasi tanah,\" ungkapnya.

Dijelaskan Takwa, sesuai dengan MoU dengan Kementerian Agama (Kemenag) Benteng, Pemda Kabupaten Benteng memang dibebankan untuk melakukan pembangunan sejumlah infrastruktur. Dimulai dari pembangunan jalan, pematangan lahan, sarana air bersih hingga pemagaran MAN IC tersebut.

Hanya saja, dengan keterbatasan dana yang dimiliki, pihaknya hanya bisa melakukan pembangunan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas.

\"Pembangunan tidak bisa kita lakukan sekaligus. Terkhusus pematangan lahan, diprediksi kegiatan tersebut baru akan kita lakukan pada pertengahan tahun 2017 ini,\" pungkasnya.

Terpisah, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Benteng, Drs H Ajamalus MH melalui Kasi Pendis, Rizal SPdI MPdI menjelaskan, tahun 2017 ini kucuran dana juga akan diberikan sebesar Rp 5,9 miliar untuk membangun asrama guru, asrama putra dan laboratorium.

Meski demikian, lanjutnya, dana tersebut tidak bisa dikucurkan dengan mudahnya, melainkan setelah pematangan lahan tuntas dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Benteng.

\"Dari total lahan MAN IC dengan luas 10 hektare, pematangan lahan baru tuntas dilakukan seluas 3 hektare. Sebab itu, kami harap Pemkab Benteng bisa mengambil kebijakan yang tepat demi mendukung perkembangan MAN IC,\" pintanya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: