Kodim Amankan Amunisi Temuan

Kodim Amankan Amunisi Temuan

CURUP, Bengkulu Ekspress - Kodim 0409/Rejang Lebong mengamankan puluhan butir amunisi yang masih aktif.  Puluhan amunisi yang diamankan tersebut setelah sebelumnya ditemukan warga di bak sampah yang ada di Kelurahan Talang Rimbo Baru Kecamatan Curup Tengah.

\"Amunisi yang kita amankan ditemukan dalam sebuah kotak, kemudian langsung diserahkan ke Makodim,\" terang Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Hendra S Nuryahya SH.

Menurut Dandim, amunisi tersebut mereka amankan untuk kepentingan penyelidikan. Dijelaskan Dandim, pihaknya mengamankan amunisi tersebut setelah mendapatkan laporan dari warga pada Minggu (12/2) kemarin.

Ditambahkan, amunisi tersebut pertamakali ditemukan oleh salah seorang warga bernama Bambang (31) warga Kelurahan Banyumas Kecamatan Curup, saat itu ia hendak membuang sampah di bak penampungan sampah yang berada tepat disamping tempat pemakaman umum yang ada di Jalan Suprapto Kelurahan Talang Rimbo Baru itu. Saat itu Bambang hendak membuat sampah, yang kemudian melihat kotak yang mencurigakan. Karena penasaran kemudian ia langsung mengecek kotak tersebut dengan melihat secara dekat. Setelah diperhatikan oleh Bambang, ternyata kotak yang berada di dalam tumpukan sampah tersebut berisi amunisi hingga selanjutnya temuan tersebut dilaporkan ke Makodim 0409/Rejang Lebong.

\"Setelah mendapat laporan warga, petugas kita langsung melakukan pengecekan, setelah memastikan bahwa laporan warga tersebut benar, langsung kita amankan,\" jelas Dandim.

Setelah dilakukan pemeriksaan, amunisi yang diamankan tersebut terdiri atas, amunisi Hampa MU-4H caliber 5,56 mm sebanyak 148 butir, amunisi tersebut diproduksi tahun 1983 dan 1984. Kemudian amunisi tajam blank m200 caliber 5,56 mm sebanyak 17 butir tahun produksi 1978 dan 1980. Kemudian amunisi caliber 4,5 mm sebanyak 1 butir produksi tahun 1952.

Diungkapkan Dandim, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan untuk mengetahui siapa pemilik amunisi tersebut dan apa alasannya membuang di kotak sampah.

\"Kita masih melakukan penelusuran baik untuk mengetahui siapa pemilik amunisi yang ditemukan maupun motif pembuangannya,\" papar Dandim.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga mengimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat Rejang Lebong yang masih memiliki amunisi atau benda-benda yang berbau militer lainnya dan takut menyimpannya. Bisa diserahkan ke Kodim 0409/Rejang Lebong secara langsung.

Menurut Dandim, masyarakat yang memiliki amunisi dan benda militer lainnya tidak perlu takut mendapat sanksi bila menyerahkan ke Makodim 0409/Rejang Lebong. Karena menurut Dandim, apabila benda-benda tersebut dibuang ke tempat sembarangan, seperti tempat sampah maka justru akan membahayakan orang lain.

\"Bila masih ada masyarakat yang menyimpan barang-barang militer seperti amunisi, untuk bisa menyerahkan kepada kita, kita pastikan tidak akan disanksi,\" demikian Dandim. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: