Dispendikbud Resmikan RKB PAUD RA Kartini

Dispendikbud Resmikan RKB PAUD RA Kartini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Ruang Kelas Baru (RKB) Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) RA Kartini di Desa Sari Mulyo, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, kemarin (24/1) diresmikan. Peresmian RKB ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (Paudni) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Seluma Takdirmansyah MPd yang hadir mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma Muksir Ibrahim. Peresmian itu sekaligus memperingati hari ulang tahun (HUT) PAUD RA Kartini ke-13.

\"Dikbud sangat mengapresiasi lembaga PAUD yang terus memberikan peran dalam pembentukan mental anak bangsa, \" ujar Takdirmansyah dalam sambutannya.

Dia mengaku bangga terhadap dunia PAUD, khususnya RA Kartini yang sudah dapat memanfaatkan bantuan dari program Direktorat Jenderal Paudni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pasalnya tidak semua lembaga PAUD mendapat bantuan serupa.

\"Pada 2016, bantuan dari pusat hanya diberikan pada tiga Paud, salah satunya RA Kartini ini,\" bebernya.

Pun begitu, kepedulian pemerintah daerah terhadap lembaga PAUD tak kalah. Setiap tahun bidang Paudni di Dikbud Kabupaten Seluma selalu mengusulkan anggaran pembangunan lembaga PAUD baru di 14 kecamatan se-Kabupaten Seluma.

\"Alhamdulillah hanya 1 kecamatan saja yang direalisasikan, tetapi kita tidak perlu patah semangat. Harapannya Dewan Perwakilan Rakyat pun mendukung pembangunan lembaga PAUD. Pada 2017 ini ada penambahan pembangunan PAUD dari satu lembaga sekarang menjadi 2 lembaga Paud,\" tuturnya.

Masih menurut Takdirmansyah, ia juga sangat mengapresiasi Kepala Desa Sari Mulyo Sunardi yang telah mendukung majunya lembaga pendidikan di wilayah kepemimpinanya. Sekitar 182 desa di Kabupaten Seluma ini belum semua menganggarkan pendidikan dari dana desa (DD). Belum tumbuhnya kepedulian itu disebabkan asumsi pemeritah desa pembangunan pendidikan menjadi kewenangan pemerintah daerah dan Pemerintah RI.

\"Kades jangan hanya mengutamakan sukses pembangunan infrastruktur, tetapi pembangan sumber daya manusia juga dan itu lebih utama,\" ucapnya.

Takdirmansyah juga meminta peran serta pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) ikut andil dalam pelayanan kesehatan dilembaga PAUD. Pasalnya, di Kecamatan Sukaraja ini, telah menerapkan program Satuan PAUD Sejenis (SPS), yakni program mitra antara Dinas Kesehatan dengan lembaga PAUD.

\"Jika ada tambahan program dari Puskesmas, lembaga PAUD harap dilibatkan, misalnya pemeriksaan kesehatan anak, penimbangan anak dan lainnya,\" tukasnya.

Disisi lain, Kepala Desa Sari Mulyo Sunardi menuturkan, sangat mengapresiasi perkembangan PAU RA Kartini. Lembaga yang sudah 13 tahun berdiri ini, kini telah memiliki ruang kelas baru. Dia pun berharap lembaga ini terus berkembang.

\"Saya harapkan RKB ini dapat digunakan sebaik mungkin, karena bangunan ini digelontorkan dengan dana yang tidak sedikit. Jangan sampai sarana dan prasarana yang diberikan tidak digunakan dengan baik,\" pesannya.

Dalam kesempatan itu, Sunardi juga meminta perhatian dari pemerintah atas pembangunan lembaga pendidikan di desa. Jangan sampai anggaran yang dikucurkan menjadi tumpang tindih dengan DD. \"Meski DD belum diterima, tapi koordinasi dan perhatian pemerintah khususnya Dikbud,\'\' imbuhnya.

Sementara itu Kepala Lembaga PAUD RA Kartini Sri Lestari menuturkan, sangat bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih atas dipercayanya PAUD RA Kartini sehingga mendapatkan bantuan RKB tersebut.

\'\'Bantuan ini sangat bermanfaat bagi lembaga yang baru berkembang seperti kami dan kami pun tetap berharap pemerintah kembali memberikan kucuran bantuan dalam bentuk yang lain. Terima kasih semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan pembangunan ini. Selain pemerintah daerah dan pemerintah pusat, peran wali murid pun tak kalah pentingnya. Kebersamaan mereka yang membuat kami selalu optimis membangun lembaga ini menjadi maju dan membentuk mental para generasi emas ini,\" tandasnya.

Pada saat acara peresmian RKB PAUD RA Kartini berlangsung hujan mengguyur. Meski begitu, tidak menyurutkan semangat para anak PAUD RA Kartini. Mereka tetap antusias menyambut dan menampilkan berbagai atraksi seperti atraksi drumband, tari persembahan dan lainnya. Pertunjukan anak-anak itu cukup memukau para tamu/undangan. Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (Paudni) Takdirmansyah pun sangat mengapresiasi atraksi para siswa/siswi PAUD tersebut yang telah berani tampil Terlebih meski diguyur hujan mereka tetap semangat. Ia berharap para dewan guru untuk terus membina dan mengembangkan bakat siswa sehingga menjadi generasi emas dan berkepribadian yang baik. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: