Perekrutan PPL Bebas Pungli

Perekrutan PPL Bebas Pungli

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang menyatakan perang dengan praktek pungutan liar (pungli) yang merugikan masyarakat dan daerah tersebut.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kepahiang,  Hernawan AMd menegaskan, pelaksanaan perekrutan tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) 2017 bebas pungli.

\"Pengawasan melekat kita laksanakan terhadap pelaksanaan perekrutan PPL. Sehingga tidak ada cela untuk pungli,\" tegasnya. Hernawan mengharapkan, tenaga penyuluh kontrak yang masuk ke Dinas Pertanian tidak bermasalah.

\"Pada perekrutan PPL yang baru nanti, PPL yang lama tetap akan diakomodir. Namun dengan catatan melalui tahapan seleksi dan evaluasi kinerja bagi penyuluh yang lama. Dalam artian kalau kinerjanya bagus, maka bukan mustahil bisa dipertahankan,\" katanya

Ia menegaskan, akan memperhatikan latar belakang pendidikan atau  basic keilmuan dari tenaga PPL. Bidang keilmuan mesti sesuai dengan tugas nantinya. Sehingga tidak ada tenaga PPL diluar keilmuan semestianya.

\"Selama ini ada yang basicnya sarjana hukum, pendidikan dan lainnya. Tahun ini kita akan fokus pada bidang pertanian,\" tuturnya. Ia meminta, kepada masing-masing kordinator untuk menyeleksi draf yang ada.

\"Kalau memang layak masuk ya dimasukkan, kalau tidak layak jangan dimasukkan. Apalagi kalau ada penyuluh yang tidak masuk dari awal artinya atau sudah 10 tahun tidak masuk. Kalau kita sudah sepakat apapun yang terjadi kita siap,\". (320)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: