Rumah Tangga Sasaran Raskin Bertambah

Rumah Tangga Sasaran Raskin Bertambah

\"Bengkulu\"TAIS, Bengkulu Ekspress - Pada 2017 ini, jumlah rumah tangga sasaran (RTS) penerima beras miskin di Kabupaten Seluma diprediksi bertambah. Mengingat penyaluran raskin tahun ini menggunakan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang telah dimuktahirkan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Pemda Seluma Drs H Supardi MSi kepada Bengkulu Ekspress kemarin menuturkan, “Jumlah RTS penerima raskin berubah dan bertambah setelah menggunakan data terbaru. Hanya saja untuk kepastiannya saat ini kita masih menunggu data tersebut dari pusat.”

Data raskin tersebut mengalami perubahan karena menggunakan dat hasil sensus yang dilakukan BPS. Perubahan itu dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya jumlah wartga miskin bertambah, warga yang memang miskin tidak terdata sebagai penerima raskin sebelumnya, dan bisa juga karena warga yang sebelumnya sebagai penerima miskin kini sudah meningkat kesejahteraannya.

Pada 2016 jumlah keseluruhan raskin yang diterima 2.678040 Kg. Beras ini dibagi per kecamatan penerima raskin.Penerimanya sebanyaki 14.878 RTS. Beras yang diterima setiap bulannya 223.170 kg. RTS menerima raskin tersebut tiga bulan sekali. Raskin tersebut disampaikan Badan Urusan Logistik (Bulog) ke kecamatan.

RTS penerima raskin terbanyak berada di Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) sebanyak 2.019 warga, terbanyak kedua Kecamatan Sukaraja dengan jumlah RTS 1.696 warga. Dua dua kecamatan ini penduduknya banyak dan banyak yang miskin. Sementara penerima raskin terkecil berada di Kecamatan Seluma kota dengan jumlah RTS 346 warga dan terkecil kedua berada di kecamatan Seluma Barat dengan jumlah RTS sebanyak 537 warga.

Disisi lain, Supardi pun menjelaskan mengenai raskin untuk Kecamatan Ulu Talo yang sebelumnya sempat tertahan penyalurannya sejak Juni 2016, pada Desember 2016 lalu sudah disalurkan. Sebanyak 672 RTS penerima raskin disana menerima raskin 10.080 Kg per bulannya.

Kedepan penyaluran Raskin di Kecamatan Ulu Talo itu tidak akan terhambat lagi. Perangakat kecamatan itu disurati untuk melakukan pertemuan membahas raskin tersebut. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: