Bupati Lebong Kukuhkan Satgas Saber Pungli

Bupati Lebong Kukuhkan Satgas Saber Pungli

 TUBEI,BE - Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), Rabu (11/1). Satgas yang diisi oleh unsur Kepolisian, Kejaksaan, PNS dan independen akademisi ini diharapkan dapat memberantas praktik Pungli yang ada di Kabupaten Lebong.

Dia mengatakan pengukuhan Satgas Saber Pungli di Kabupaten Lebong dilakukan untuk menjalankan peraturan presiden nomor 87 tahun 2016 dan intruksi menteri dalam negeri nomor 180/3935/SJ.

\"Dengan dibentuknya satgas ini, berharap Kabupaten Lebong dapat terbebas dari segala pungutan-pungutan liar yang dilakukan oleh oknum -oknum dari instansi pemerintah maupun swasta yang dapat merugikan masyarakat,\" katanya.

Satgas Saber Pungli di Kabupaten Lebong ini wajib melindungi masyarakat dari praktik-praktik yang dapat merugikan masyarakat khususnya mengenai praktik Pungli,\" kata Rosjonsyah.

Diungkapkan Bupati, permasalahan Pungli bukan terletak pada angka nominal. Namun jika praktik ini dibiarkan terus menerus tentunya nominal tersebut dapat mencapai jumlah yang besar. Satgas Saber Pungli ini dibentuk sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah dalam melindungi masyarakat khususnya masalah Pungli.

\"Praktik pungli ini rentan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Yang tujuannya untuk mempermudah proses pengurusan administrasi dan untuk menguntungkan orang atau golongan tertentu yang aturannya tidak ada ditetapkan dalam undang-undang atau peraturan pemerintah,\" pungkas Rosjonsyah.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: