Bunga Bangkai Mekar di Kantor BKSDA

Bunga Bangkai Mekar  di Kantor BKSDA

CURUP, Bengkulu Ekspress - Bunga Bangkai mekar di halaman Kantor Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu. Mekarnya bunga yang memiliki nama latin Amorphopalus titanum sudah diketahui sejak 2 minggu terakhir.

\"Kalau kita tahunya akan mekar ini sudah dua minggu ini, namun masih kecil,\" ungkap Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), Kantor Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu, David Hutahayan Sp MSi.

Menurut David, saat ini bunga yang oleh masyarakat Rejang Lebong disebut Bunga Kibut tersebut belum mekar sempurna. Namun menurutnya diperkirakan akan mekar sempurna dalam tiga hari ke depan.

\"Sekitar 3 hari kedepan akan mekar sempurna,\" tambah David.

Menurut David, keberadaan Bunga Bangkai di halaman Kantor Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu yang ada disamping kantor BPS Rejang Lebong tersebut sudah lama ditanam. Dimana menurut David, umbi dari Bungai Bangkai tersebut mereka pindahkan dari kebun warga ke halaman kantor pada tahun 2004 lalu. Namun menurutnya bunga tersebut tidak selalu mekar setiap tahunnya.

\"Dari kita pindahkan umbinya pada tahun 2004 lalu ini yang keenam kalinya mekar, atau bunga ini mekar antara 2 hingga 3 tahun sekali,\" paparnya.

Lebih lanjut Davit menjelaskan, dipindahkannya umbi dari kebun warga tersebut merupakan salah satu upaya pelestarian bunga yang menjadi icon Kabupaten Rejang Lebong tersebut. Karena menurutnya saat ini Bunga Bangkai jenis titanium ini sudah dilindungi undang-undang. Selain juga untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu jenis bunga yang dilindungi terlebih lagi menurut David selama ini berbagai jenis bunga bangka ini kerap tumbuh dikebun masyarakat. Dengan adanya pendidikan dari BKSDA ini diharapkan agar masyarakat bisa menjaga dan melestarikan bunga bangkai meskipun tumbuh dilahan masyarakat.

Selain dihalaman Kantor Seksi Konservasi Wilayah I ini, David mengaku pihak BKSD Bengkulu juga melakukan upaya pelestarian dengan menanam umbi bunga bangkai disejumlah kawasan Taman Wisata Alam (TWA) yang ada di Rejang Lebong, yaitu 75 umbi di Kawasan TWA Bukit Kaba dan 50 umbi ditanam dikawasan TWA Talang Ulu.

Khusus untuk dihalaman Kantor Seksi Konservasi Wilayah I tersebut, ada dua jenis Bunga Bangkai yang ditanam yaitu jenis Amorphophallus paeoniifolius dan Amorphophallus Titanum.

Dengan mekarnya bunga langka tersebut, pihak BKSDA memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin melihat langsung bunga bangkai tersebut. Namun menurut David kunjungan hanya bisa dilakukan saat jam kerja.

\"Untuk masyarakat yang ingin melihat bunga bangkai ini bisa datang saat jam kerja,\" terang David.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: